TeknoFlas.com – Fitur Verifikasi Login Twitter untuk Meminimalisir Pembajakan Akun – Selain Facebook, Twitter merupakan salah satu situs pertemanan yang sangat populer. Karenanya banyak sekali usaha yang dilakukan pihak tertentu untuk menerobos sitem keamanannya.

Fitur Verifikasi Login Twitter untuk Meminimalisir Pembajakan Akun

Baru-baru ini pihak Twitter dikabarkan tengah berusaha membenahi sistem keamanan dengan memperkenalkan fitur proses login yang lebih aman. Pihak Twitter menjelaskan, mulai hari Rabu (22/5/2013) pihaknya telah meluncurkan sebuah sistem keamanan verifikasi login dua langkah. Fitur ini berfungsi untuk melindungi akun pengguna dari serangan cyber. Sehingga diharapkan dapat meminimalisir pembajakan akun twitter.

Dukutip TeknoFlas dari Techcrunch, Kamis (23/5/2013), sistem ini disebut Login Verification yang akan memberikan para pengguna pilihan untuk mendapatkan kiriman sebuah kode verifikasi ke ponsel via SMS setiap kali pengguna hendak melakukan login ke Twitter. Bagi pengguna yang telah mengaktifkan fitur ini, mereka akan dikirimi SMS berupa kode enam digit angka dari server Twitter untuk menginfirmasi identitas pengguna saat proses login.

Jim Oleary, salah satu anggota tim Product Security Twitter, mengatakan: “Kami telah mencoba berbagai jenis sistem keamanan untuk diterapkan pada Twitter. Tampaknya dua langkah verifikasi kode adalah pilihan yang terbaik.”

Twitter mengambil keputusan untuk memperketat sistem keamanan login ini karena banyaknya upaya peretasan terhadap sejumlah akun media terkemuka, antara lain akun Twitter milik Financial Times, The Onion dan Associated Press.

Semoga saja upaya twitter menghadirkan fitur opsional dalam verfikasi login ini akan mampu mengurangi kasus pembajakan atau pencuarin akun pengguna twitter.