TeknoFlas.com – Bagi pengguna BlackBerry Messenger selain kode BlackBerry, pastinya harus tip yang satu ini yakni backup dan restore kontak BBM. Nah, hal ini juga perlu diterapkan bagi pengguna Android dan iPhone yang mulai bulan Juni mendatang mendapatkan aplikasi gratis BlackBerry Messenger setelah CEO BlackBerry Thorsten Heins mengumumkan beberapa waktu yang lalu.

Tidak ada salahnya Anda untuk belajar mengamankan kontak BlackBerry Messenger karena bisa saja yang biasa menyebabkan kontak hilang karena file corrupt. Meskipun ini tips jadul, tetapi banyak pengguna BlackBerry yang mengabaikan hal ini.

Dikutip TeknoFlas dari Detikinet (23/05/2013), pertama gunakan BlackBerry Desktop Manager yang bisa diunduh gratis di website resmi BlackBerry. Caranya sangat mudah, begitu aktifkan BlackBerry Desktop Software, lalu hubungkan gadget ke komputer menggunakan kabel USB.

Kemudian ikuti petunjuk tinggal pilih back up atau restore. Dengan BlackBerry Desktop Manager tidak hanya kontak BBM yang bisa diamankan tetapi keseluruhan data BlackBerry termasuk images, videos, music dan lainnya.

BlackBerry Desktop Manager

Kedua, bisa dilakukan dalam hitungan detik langsung pada BlackBerry yang digunakan. Masuk ke BlackBerry Messenger, lalu ke Options kemudian cari Back Up Management. Ada dua pilihan, (i) Jerukers bisa menyimpan kontak pada MicroSD card atau (ii) menyimpannya melalui email. Yang terakhir jauh lebih aman karena apabila MicroSD rusak atau hilang, otomatis semua datang akan hilang termasuk kontak BlackBerry Messenger yang disimpan.Backup and Restore BB

Jika Anda kurang jelas dengan tutorial diatas bisa langsung melihat video dibawah ini.


Source : http://youtu.be/hUaGlnqIRxA