TeknoFlas.com – Di China, Android Menguasai Pasar Smartphone – Kabar terbaru menyebutkan Android perlahan mendominasi pasar perangkat mobile. Bahkan, sistem operasi besutan Google itu kini menguasai pasar smartphone di China.

Di China, Android Menguasai Pasar Smartphone

Dikutip TeknoFlas dari laman Cnet, Minggu (2/6/2013), pada akhir kuartal pertama (Q1) 2013, setengah dari pasar smartphone di China dikuasai oleh OS Android, sekitar 51,4 persen dari total pasara smartphone yang ada.

Berdasarkan data dari perusahaan riset Kantar Worldpanel Comtech, hal ini menunjukkan adanya kenaikan sebesar 2,8 persen dibanding kuartal keempat tahun 2012.

Di peringkat ke-2 ada Nokia Symbian yang berhasil menguasai 23 persen pangsa pasar smartphone di China. Sedikit ada penurunan, sekitar 2 persen dari kuartal sebelumnya. Hal ini disebabkan karena Nokia mulai beralih ke sistem operasi berbasis Windows dari Microsoft. Bahkan, Symbian diprediksi akan turun ke tempat ketiga dalam dua kuartal berikutnya.

Sementara itu, Apple iOS berada di posisi ketiga dengan 19,9 persen dari pangsa pasar smartphone di China.

Kepemilikan smartphone di China mencapai 42 persen pada kuartal tersebut, naik 1,2 persen dari kuartal sebelumnya. Diperkirakan, permintaan smartphone di China akan terus meningkat.