TeknoFlas.com – Smartphone Ubuntu Meluncur Oktober Tahun Ini. Bagi para pengguna open source pasti tahu dengan OS Ubuntu? Bagaimana jika anda mengoperasikan smartphone anda dengan OS Ubuntu? Oktober mendatang Anda bisa menikmati Smartphone Ubuntu.

Smartphone Ubuntu
(Credit: Ubuntu)

Berita ini disampaikan oleh CEO Canonical Mark Shuttleworth bahwa Ubuntu OS smartphone akan tersedia pada bulan Oktober dan aplikasi pengembang akan mendapatkan akses ke OS akhir bulan ini. Canonical sendiri telah meluncurkan Ubuntu Mobile secara resmi pada bulan Januari lalu.

Namun belum jelas mana smartphone akan menjalankan Ubuntu OS, tapi Canonical mencoba menyematkan OS ini pada Samsung Galaxy Nexus.

Smartphone Ubuntu tentu saja akan pesaing Android dan iOS dan dijual dengan harga yang tidak terlalu tinggi. Ubuntu versi ini telah didesain agar tetap mampu bekerja di perangkat entry-level sekalipun.

Ubuntu untuk mobile ini hadir dengan kernel dan driver yang sama dengan sistem operasi buatan Google, Android. Hal ini bisa jadi sangat menguntungkan bagi pihak pengembang. Mereka tidak perlu lagi membangun atau menulis kode aplikasi dari awal.

Linux Ubuntu untuk ponsel ini hadir dengan dukungan terhadap bahasa program HTML5. Dengan adanya dukungan ini, para pengembang dapat membuat aplikasi yang bekerja untuk perangkat PC dan smartphone.

Menurut Wall Street Journal, beberapa operator tertarik smartphone, tapi masih belum jelas mana yang akan bermitra dengan Canonical. Original Source : kompas