TeknoFlas.com – Kabar terkini menyebutkan pihak Samsung mengurangi pasokan cadangan komponen untuk Galaxy S4 karena adanya indikasi penurunan permintaan pasar. Samsung Galaxy S4 dilempar ke pasar secara global pada 27 April 2013 lalu dan hanya dalam kurun waktu kurang dari satu bulan perangkat ini telah terjual 10 juta unit lebih.

Pasokan Komponen Samsung Galaxy S4 Dikurangi Karena Permintaan Turun

Sudah menjadi hukum alam, pencapaian penjualan akan menurun sejalan dengan munculnya produk baru yang masuk pasar, sebagaimana siklus penjualan berlaku.

Samsung Electronics dikabarkan telah mengurangi pesanan pasokan komponen untuk Galaxy S4, sehubungan dengan adanya penurunan permintaan pasar. Samsung dikabarkan telah menetapkan perkiraan pesanan sekitar 20-25 juta unit untuk kuartal kedua, dan 20 juta unit untuk kuartal tiga 2013.

Sebagaimana dikutip TeknoFlas dari DigiTimes, Sabtu (15/6/2013), pengurangan pasokan komponen ini dilakukan menyusul menurunnya permintaan pasar. Namun bukan berarti perusahaan asal Korea Selatan ini kehilangan daya saingnya di pasar smartphone.

Dikatakan pengurangan ini sangat wajar dalam dunia industri. Mengingat permintaan smartphone di kelas entry-level hingga mid-range meningkat tajam di China dan negara berkembang, sementara itu permintaan smartphone segmen high-end menjadi jenuh (saturated).

Selain itu, munculnya produk terbaru dari beberapa vendor seperti HTC, Sony Mobile Communications dan Huawei turut menekan daya jual Samsung Galaxy S4.

Namun demikian, Samsung diperkirakan akan tetap mampu mempertahankan kepemimpinannya di pasar smartphone. Sebab, pada kuartal ketiga 2013 nanti akan ada pengapalan lebih dari 70 juta smartphone, termasuk perangkat mobile model lain dari seri Galaxy S dan Galaxy Note.