TeknoFlas.com – Baru-baru ini beredar gambar di internet yang menampakkan produk hybrid atau gabungan tablet dan smartphone (phablet) pertama besutan Sony Mobile yang diberi nama Xperia Z Ultra atau Xperia ZU. Beberapa gambar memperlihatkan, perangkat phablet Sony Xperia ZU ini bisa dioperasikan tanpa stylus, untuk menggambar dengan menggunakan pensil.

Di Phablet Sony Xperia ZU, Bisa Gambar Pakai Pensil Tanpa Stylus

Memang, perangkat Xperia ZU ini nantinya tidak dilengkapi dengan stylus. Sebagai gantinya, pengguna bisa menggunakan berbagai perangkat lain, termasuk pensil, pulpen, dan juga pensil capacitive, untuk keperluan menggambar di perangkat ini.

Pihak Sony dikabarkan telah mempersiapkan dua aplikasi untuk metode input seperti itu, satu untuk membuat catatan dan sisanya untuk menggambar. Sebagaimana dikutip TeknoFlas dari UnwiredView, Jumat (14/6/2013).

Keunikan lainnya dari phablet ini adalah layar akan tetap mendeteksi dan mengenali tulisan atau gambar, meskipun pengguna membuatnya di kertas yang ada di atas layar.

Dilihat spesifikasinya, phablet Sony Xperia Z Ultra ini akan hadir dengan layar 6,44 inci (resolusi 1080p). Untuk masalah dapur pacu Sony mempercayakan prosesor Snapdragon 800 quad-core berkecepatan 2,2GHz, RAM 2GB, dengan media penyimpanan internal 16GB yang dapat diperluas dengan menggunakan kartu microSD. Selain itu, Xperia ZU juga akan dilengkapi dengan NFC, baterai 3.000mAh serta dibenami kamera depan 1,3 megapiksel dan kamera belakang 8 megapiksel.

Sebagaimana produk Xperia Z, perangkat ini juga memiliki kemampuan tahan air dan debu. Hal itu ditandai dengan adanya sertifikat IP58 yang menandakan perangkat ini mampu bertahan di bawah air pada kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Untuk masalah harga, perangkat ini diprediksi akan lebih mahal dari Xperia Z. Rumornya, phablet Xperia ZU akan meluncur sekitar bulan Juli – September 2013 mendatang.