TeknoFlas.com – Kabar yang menyebutkan bahwa pabrikan asal china huawei akan mengakuisisi nokia sempat merebak ke permukaan, bahkan dengan adanya kabar tersebut memberikan akibat naiknya harga saham nokia sampai 11% menyentuh level USD 4,10.

Huawei Bantah Akan Akuisis Nokia

Rumor mengenai keinginan huawei untuk membeli nokia ini pertama muncul setelah salah satu petinggi pabrikan asal china tersebut memberikan pernyataan mengenai rencana tersebut saat peluncuran perangkat terbaru huawei Ascend P6 di London, Inggris.

Seperti di kutip TeknoFlas dari Financial Times Rabu (19/6/2013), Richard Yu selaku Chairman Consumer Business Group Huawei, yang mengungkapkan niatan tersebut.

“Kami sedang mempertimbangkan akuisisi. Mungkin kombinasi memiliki sejumlah sinergi, namun bergantung pada kesediaan Nokia. Kami terbuka,”

Namun tidak lama setelah pernyataan tersebut, muncul bantahan secara resmi dari pihak huaweu mengenai rencana akuisisi nokia, dimana sanggahan tersebut di sampaikan oleh Bill Plummer selaku Vice President of External Affairs Huawei.

“Kami terbuka, namun tidak ada rencana mengakuisisi Nokia,” ujarnya seperti dikutip dari Reuters.
Dan sampai saat ini pihak nokia juga belum memberikan keterangan resmi mengenai rencana awal akuisisi yang akan dilakukan oleh perusahaan teknologi dari china itu , meskipun dengan adanya rumor tersebut pihak nokia mendapatkan keuntungan dengan naiknya harga saham perusahaan yang berbasis di finlandia ini.

Kita tunggu saja kabar selanjutnya mengenai rumor pembelian nokia oleh huawei ini, apakah merupakan sebuah kebenaran atau hanya sebatas rumor saja.