TeknoFlas.com – Selama ini apple masih tergantung kepada Samsung sebagai pemasok komponen pada perangkat mereka, setelah terjadi perseteruan antara keduanya, nampaknya pihak apple mencoba untuk melepaskan ketergantungan tersebut.

Apple Hentikan Pemakaian Chip dari Samsung

Seperti dikutip dari Digitimes Selasa (25/6/2013), Apple sudah mencapai kata sepakat dengan pabrikan Taiwan Semiconductor Manufacturing (TSMC) sebagai pemasok chip untuk perangkat mereka dalam tiga tahun ke depan.

TSMC dilaporkan akan memproduksi chip untuk iPhone serta prosesor seri Ax dengan fabrikasi 20nm, 16 nm dan 10nm. Sebagai perjanjian awal perusahaan chip asal Taiwan itu didaulat untuk memproduksi prosesor A8 untuk iPhone generasi terbaru terhitung mulai Juli hingga Desember 2013, dan akan dilanjutakan dengan A9 dan seterusnya.

Dulunya Samsung merupakan pabrikan yang memproduksi chip untuk perangkat apple sejak pertama kali diluncurkan, akan tetapi setelah kejadian perseteruan keduanya, nampaknya pihak apple akan segera memberhentikan ketergantunganya dengan pabrikan asal korea ini.

Pemilihan TSMC sebagai partner baru apple memang bukan tanpa alasan, karena perusahaan yang berbasis di Taiwan ini bukanlah perusahaan kecil, karena TSMC merupakan salah satu produsen chip terbesar di dunia, hal ini terlihat dengan partner yang bekerja sama dengan mereka, seperti Qualcomm dan Nvidia juga memakai jasa TSMC untuk membuat chip yang berkualitas.

Namun pihak apple tidak bisa lepas sepenuhnya dari Samsung, karena ternyata masih ada beberapa komponen dari perangkat produksi apple yang di suplai oleh Samsung seperti NAND flash dan panel LCD untuk notebook.