TeknoFlas.com – Selain malware tenyata ada juga adware yang sama-sama mengganggu pada sistem operasi Android. Adware lebih dikenal denan script jahat yang mendompleng pada sebuah aplikasi, dari sebuah laporan menyebutkan lebih dari 6% aplikasi gratis yang tersedia di Play Store mengandung adware.

Lebih dari 6 persen Aplikasi Android Gratis Berbahaya

Dikutip TeknoFlas dari Mashable, Rabu (26/6/2013) menyebutkan Lookout Security telah menyimpulkan sebanyak 6,5% dari semua aplikasi gratis didefinisi telah disisipi script jahat atau adware. Jeremy Linden, manajer produk keamanan di Lookout mengatakan lebih dari 1 juta pemilik perangkat Android di AS telah mendownload aplikasi mengandung adware dalam satu tahun terakhir.

Aplikasi yang telah tersisipi adware bukanlah seperti aplikasi yang terinfeksi virus atau malware, adware hanya akan menampilkan iklan secara tidak biasa. Misalnya, muncul tiba-tiba di bar notifikasi, meminta banyak akses data diri, bahkan menambahkan ikon ke homescreen.

pihak Lookout mengklaim telah memberikan peringatan pada sejumlah developer yang membuat aplikasi tersebut untuk merubah cara kerja produk mereka. Bagaimana? saran kami kepada sahabat TeknoFlas supaya berhati-hati dalam mengunduh dan menginstal aplikasi gratis, siapa tau aplikasi tersebut mengandung script jahat adware.