TeknoFlas.com – ARM telah mengumumkan sejumlah prosesor baru miliknya. Terhitung sejak Senin 3 Juni 2013 ini, Computex 2013 di Taipei meluncurkan jenis terbaru prosesor pelindung anti-pembajakan: Mali-V500.

ARM3

Mali-V500 merupakan cip seluler kelas menengah pada ponsel yang mendukung ARM Frame Buffer Compression (AFBC). Dengan cip ini, lalu lintas bandwidth bisa dikurangi sampai lebih dari 50 persen.

Desain cip berpusat pada pencegahan pembajakan kelompok video dengan kapasitas 1080p melalui penggunaan teknologi pengaman,TrustZOne. Menurut Financial TImes, Mali-V500 juga dirancang untuk mencegah penjiplakan atas video hak cipta yang disalurkan pada perangkat mobile.

Untuk tujuan ini, perusahaan prosesor asal Inggris itu bekerja sama dengan sejumlah studio perfilman di Hollywood, AS.

Selain itu, cip yang dilengkapi mesin multicore ini digunakan untuk semua akselerasi video dan bisa mendukung High Profile H.264 hingga 100Mbps.

ARM sendiri mengklaim bahwa chip barunya mendukung sampai 120 fps 4K pemecah kode video dengan implementasi 8-core V500 serta dilengkapi bagian perlindungan video.

ARM (perusahaan teknologi yang sering disebut sebagai pesaing terberat Intel) meyakini bahwa 580 juta ponsel pintar dan tablet kelas menengah akan dijual pada tahun 2015. Karena itulah, mereka yakin prosesor terbaru ARM ini telah diluncurkan tepat pada waktunya.

Mengapa Mali-V500?

Mali-V500 menjadi sistem tangguh yang dikombonasi dengan kecanggihan ARM Mali. Ia menawarkan berbagai keunggulan. Untuk prosesor video mampu mencapai resolusi 4k pada 120fps pada delapan core. Bahkan dengan single core, Mali-V500 mampu mempercepat kinerja 1080p60 untuk smartphone pada umumnya. Hal ini dilakukan untuk memenuhi harapan konsumen yang semakin haus konsumsi video. Di Diseain mampu mengelola encode dan decode stream HD yang mendukung konferensi video multi-partai dan interfacing pengguna tingkat lanjut.

Multi-streaming panggilan video melalui Skype

Mali-V500 menggabungkan teknik baru kompresi lossless frame yang disebut ARM Frame Buffer Compretion (AFBC). Dengan AFBC di Mali-V500, tampilan controller atau Mali GPU bandwidth mampu melakukan penghematan lebih dari 50%. Ini memberikan pengurangan daya seluruh sistem yang cukup besar, sehingga memungkinkan penggunaan biaya lebih rendah memori PRB.

Seluruh sistem keamanan dimulai dengan tingkat terdalam dari hardware dan software. Sesuai dengan nilai-nilai yang dibangun, Mali-V500 adalah teknologi dengan dukungan untuk TrustZone®. Memungkinkan hardware mengunduh berbagai konten secara aman. Sehingga dihasilkan film tingkat tinggi dan konten TV yang layak dikonsumsi di berbagai perangkat yang lebih luas.

Spesifikasi
Dukungan API: Untuk menyandikan: H.264, VP8 Untuk decode: H.264, H.263, MPEG4, MPEG2, VC-1/WMV, Estate, VP8. Pengendali dan streaming video infrastruktur berdasarkan OpenMAX ™ yang berjalan pada CPU host
Hardware: AMBA3 AXI atau AMBA 4 ACE Lite. Kompatibel dengan berbagai interkoneksi bus dan perifer IP
Sistem memori: MMU. Built-in Memory Management Unit (MMU) untuk mendukung memori virtual
Frekuensi: 600MHz. Sebuah single core clock 600MHz mampu 1080p60 decoding atau encoding
Keunggulan: 1080p60 untuk 4k120 * [* 2160P]. Mampu beroperasi dari satu sampai delapan core dengan beberapa poin.