Teknoflas.com – Penyegaran di lini kamera kompak papan atas dilakukan Sony dengan merilis dua model, yakni RX1R dan RX100 II. Hal ini sekaligus menutup desas-desus yang sebelumnya beredar mengenai kemunculan seri ini. Apa saja yang baru di kedua seri tersebut?

Sony Cyber-shot RX1R

RX1b

Sony telah mengumumkan salah satu seri kamera CyberShot RX terbaru seperti dikutip dari SLASH GEAR, Minggu (30/6/2013), yaitu CyberShot RX1R. Kamera yang dijejali banyak fitur ini memiliki full-frame berukuran 35 mm dan sensor 24,3 MP, seperti halnya pendahulunya RX1. Daripada mengganti RX1, perangkat kamera terbaru ini melengkapi serinya dengan fitur-fitur tambahan dan kualitas gambar yang disebut-sebut oleh Sony, “detail gambar paling tajam yang pernah ada.”

Kamera CyberShot RX1R menawarkan kualitas gambar yang tinggi, meski berukuran kecil. CyberShot RX1R meninggalkan fitur filter low-pass optikal pada RX1. Fitur itu berfungsi untuk menghapus kesalahan tapi berefek pada kualitas gambar.

RX1

Selain itu, kamera terbaru ini juga mengurangi hasil OLPF (Optical Low-Pass Filter) dengan jepretan yang lebih baik dan detail yang lebih bagus pula. Hal ini juga memastikan tidak ada gambar kabur atau cahaya yang menyebar.

Sony mengatakan, dalam situasi tertentu, fotografer bisa saja mengalami kesalahan warna dalam gambar mereka. Kejadian ini masih terjadi dengan CyberShot Rx1. Sedangkan RX1R dilengkapi unit Carl Zeiss Sonnar T F2, yang juga tersedia di kamera RX1.

CyberShot RX1R dilengkapi fitur teknologi TRILUMINOS. Fitur ini relevan bagi Anda yang memiliki TV Sony Bravia. Mic stereo juga tersedia dengan modus perekaman video full HD.

RX1a

Kamera CyberShot RX1R kini sudah bisa pre-order dari website Sony dengan harga US$2800 atau sekitar Rp 27,8 juta. Pada Juli 2013 nanti, CyberShot RX1R mulai tersedia di toko-toko.

Sony Cyber-shot RX100 II

Sekarang datang lagi penerusnya, yakni Cyber-shot RX100 II telah diluncurkan dengan harga USD 750. Di sini Sony menambahkan konektivitas WiFi dengan NFC, layar yang kini bisa ditekuk (tilting screen), dan sensor yang lebih sensitif.

RX1c

Sensornya sendiri masih sama, yakni sensor CMOS 1-inch berkekuatan 20,2MP. Karena sensitivitasnya sudah ditingkatkan, seri itu kini memiliki rentang ISO dari 100-12,800.

Dan salah satu perubahan lagi yang bisa ditilik di jagoan baru Sony berikut dibanding sang ‘kakak’, adalah adanya Multi Interface Shoe. Berarti, pengguna sekarang bisa menempatkan berbagai aksesoris, termasuk electronic viewfinder, external flash dan stereo microphone.

Keberadaan Multi Terminal juga memungkinkan penambahan aksesoris seperti shutter-release remote controller.

Spesifikasi kunci:

– 20.2MP Exmor R (BSI) CMOS sensor
– ISO 160 – ISO 12800
– 10.4-37.1mm f/1.8-4.9 Carl Zeiss Vario-Sonnar T* lens
– 25-point autofocus system
– 3-inch LCD 1.229.000 dot (tilt)