Radiasi Ponsel

Ini Dia Tips Mengurangi Bahaya Radiasi Ponsel

TeknoFlas.com – Ponsel tidak hanya memberikan Anda keuntungan mempermudah komunikasi. Namun, Anda harus memperhatikan keselamatan diri Anda dalam jangka panjang. Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyatakan bahwa gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh ponsel dapat menyebabkan munculnya sel-sel kanker.
Radiasi Ponsel
Kendati pernyataan tersebut masih dalam pro dan kontra, setidaknya Anda bisa bersikap “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Apa yang harus Anda lakukan? Ada beberapa solusi mengatasi bahaya radiasi ponsel yang TeknoFlas kutip dari berbagai sumber.

1. Hindari Ponsel di saku celana
Ini adalah hal yang paling banyak dilakukan oleh orang-orang. Jangan masukkan ponsel di saku celanan Anda karena bahan di celana kadang dapat menjadi konduktor yang cepat untuk radiasi, ketimbang reaksi ke bagian kepala. Anda bisa membeli tas atau wadah ponsel.

2. Jarak antara telinga dengan ponsel
Jika memakai ponsel tanpa handsfree, tunggulah sampai panggilan benar-benar terkoneksi sebelum menaruh ponsel di telinga untuk melakukan pembicaraan. Usahakan menjauhkan ponsel setidaknya 1 inci (2,5 cm) dari tubuh Anda.

3. Belilah ponsel dengan level SAR (Specific Absorption Rate) yang rendah. Level SAR adalah ukuran kuantitas frekuensi radio yang diserap tubuh manusia.

4. Gunakan alat pelindung ponsel yang mampu menekan radiasi. Ini biasanya banyak dijual di toko akesoris ponsel.

5. Gunakan wired headset. Penggunaan headset sangat signifikan membantu mengurangi radiasi ke otak. Hampir semua ponsel sekarang menyediakan headset, jadi gunakanlah. Terutama untuk yang sering menelepon dalam jangka waktu yang lama.

6. Fitur flight mode memang dibuat untuk mematikan pancaran sinyal pada saat ponsel digunakan dalam penerbangan. Otomatis dengan mengaktifkan flight mode, maka radiasi akan terhenti. Coba biasakan untuk mengaktifkan pada malam hari ketika mau tidur.

Baca Juga  Info Kesehatan : Inilah Efek Negatif Saat Tidur Dekat Ponsel

7. Batasi pemakaian ponsel dan selalu gunakan handsfree
Anda tidak dilarang dalam menggunakan ponsel dalam melakukan komunikasi. Namun yang perlu diingat adalah, gunakan ponsel untuk menerima panggilan yang penting saja. Bicara seperlunya dan tidak perlu sampai berjam-jam untuk menempelkan kuping ke ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *