TeknoFlas.com – Bagaimana jika hasil foto-foto pemotretan Anda hilang dari kartu memori? Tentunya Anda akan merasa kecewa dan jengkel dengan masalah ini. Namun jangan khawatir jika Anda mengalami hal seperti ini. Karena masalah tersebut bisa diatasi dengan cara berikut ini. Ada beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan foto Anda yang hilang.

Inilah Aplikasi untuk Kembalikan Foto Anda yang Hilang

Besar kemungkinan kartu memorinya rusak sehingga foto-foto tidak dapat terbaca atau rusak. Tapi ada kemungkinan kita bisa merestorasi foto yang hilang dengan mengunakan software khusus untuk merecover data/foto.

Dengan software, kadang bisa mengembalikan semua foto, tapi seringkali hanya sebagian foto saja. Saya sangat menyarankan untuk tidak memakai kartu memori yang rusak tersebut dikemudian hari.

Ada beberapa software yang gratis seperti

  • Recuva (http://www.piriform.com/recuva)
  • Photorec (http://www.cgsecurity.org/wiki/PhotoRec).

Ada juga software yang berbayar, yang biasanya lebih efektif dan mudah penggunaannya.

  • Get Data Back (http://www.runtime.org/data-recovery-software.htm)

Beberapa kartu merk memori terkenal seperti SanDisk memberikan software gratis saat pembelian jenis kartu memori berlabel Extreme yang dinamakan RescuePRO Deluxe. Jika kebetulan Anda memiliki kartu tersebut, jangan lupa untuk mencobanya terlebih dahulu. Itulah tips yang TeknoFlas kutip dari Detikinet, Senin (01/07/2013).