TeknoFlas.com – Garuda Indonesia Airlines kini mulai menguji WiFi di pesawat. hal ini diperjelas dengan adanya demo terbang atau joy flight pesawat canggih Boeing 777-300ER yang dilakukan dari Jakarta menuju Denpasar. Direktur Niaga dan Pemasaran Garuda Indonesia Erik Meijer menjelaskan, pada joy flight kali ini juga diujicobakan penerbangan pertama dengan fasilitas WiFi di armada Garuda Indonesia.

“Sabtu ini uji coba Jakarta-Denpasar,” ucap Erick, Sabtu (6/7/2013). Joy flight ini untuk memastikan apakah WiFi diudara dapat bekerja dengan baik. Tentu saja Garuda Indonesia bekerja sama dengan petugas dari Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Dan petugas Kominfo bertugas untuk menguji atau menilai peralatan WIfi saat berlangsungnya Joy Flight.

garuda wifi

“Bisa dipakai penerbangan Jakarta-Jeddah (9 Juli) kalau Kominfo bilang oke,” tambahnya. Hal ini jika WiFi berjalan dengan baik dan Kominfo merekomendasikan penerapan sistem ini pada penerbangan perdana nanti Jakarta – Jeddah.

Sebenarnya layanan in-flight communication bukan barang baru karena beberapa maskapai penerbangan maskapai asing sudah cukup banyak menawarkan fasilitas ini. Dan sayang di Indonesia¬† belum bisa menikmati layanan tersebut. target yang diharapkan membutuhkan waktu hingga 2 tahun lagi bagi para penumpang yang ingin menikmati Layanan in-flight communication alias menikmati layanan telekomunikasi dari dalam pesawat yang tengah mengudara. “Masih lama, 2 tahunan lah paling cepat. Setiap pesawat yang baru dipasang,” ujarnya beberapa waktu lalu.