Tips Bedakan Galaxy S4 Asli dan Galaxy S4 China

Posted on Jul 9 2013 - 12:38am

TeknoFlas.com – Sukses menjadi smartphone terbaik untuk tahun ini, membuat Samsung Galaxy S4 menjadi sasaran empuk untuk target kloning. Hal inilah yang membuat resah masyarakat yang ingin membeli smartphone asli. Namun cara yang tepat adalah dilihat dari harganya yang sangat murah dibanding dengan yang asli.

Samsung Galaxy S4 Asli Palsu

Berikut ini ada cara bagaimana membedakan Samsung Galaxy S4 asli dan palsu yang TeknoFlas kutip dari Merdeka, Senin(08/07/2013).

Harga
Samsung Galaxy S4 asli dibanderol dengan harga sekitar 7 jutaan. Sedangkan Galaxy S4 palsu atau banyak yang mengatakan super copy/super king bisa didapatkan dengan harga 2 jutaan. Dengan harga yang murahpun Anda terlihat mampu mempunyai produk kelas atas.

Software
Galaxy S4 asli mengusung operating system Android 4.2.2 Jelly Bean dan telah dilengkapi dengan TouchWiz atau custom made UI untuk skin Androidnya. Galaxy S4 palsu, kebanyakan hanya menggunakan maksimal Android seri 4 awal bahkan ada juga yang masih menggunakan Android 2.3 GingerBread, serta tidak terdapatnya TouchWiz.

Galaxy S4 dilengkapi dengan segudang aplikasi yang tidak ditemui di manapun bahkan di GooglePlay, sedangkan di Galaxy S4 palsu, banyak fitur-fitur tersebut yang juga tersedia namun dengan keterbatasan, bahkan ada yang tidak dapat dioperasikan dan hanya muncul sebagai tampilan saja.

Untuk internal storage dan RAM Galaxy S4 asli memiliki internal storage tercatat sebesar 16/32/64GB dan RAM sebesar 2GB. Semuanya apabila dicheck ulang memang kapasitasnya tepat sebesar itu, namun di Galaxy S4 palsu, tulisan kapasitas untuk internal storage dan RAM tidak sesuai dengan kenyataannya.

Fisik
Galaxy S4 adalah smartphone yang dilengkapi dengan layar berukuran 5 inci, namun di bagian sisi kanan dan kirinya, hanya terdapat pembatas yang ukurannya tipis atau kecil. Pada Galaxy S4 palsu, batas kanan dan kiri layar dibuat lebih lebar dari aslinya. Dengan lebih lebarnya pembatas kanan kiri itu, membuat ukuran layar [ada Galaxy S4 palsu tidak lagi 5 inci melainkan tereduksi beberapa milimeter.

Tombol home pada Galaxy S4 asli terbuat dari plastik keras dan dililit oleh frame atau pinggiran berwarna chrome. Letaknya juga tidak terlalu jauh di bawah layar. Sedangkan untuk produk kloningannya, ukuran tombol home lebih kecil dan letaknya sangat jauh dari layar.

Selain itu, yang perlu diperhatikan lagi adalah tombol home pada Galaxy S4 asli dapat dioperasikan dari berbagai sisi (tidak hanya harus ditekan di tengah saja, walaupun di ujung tombol juga masih dapat beroperasi maksimal), warna dari logo Samsung di bagian atas layar, warna dan ukuran LED Flash, sensitifitas dari layar touchscreennya.

Satu hal yang menjadi ciri khas produk buatan China, walaupun tidak semuanya, adalah terdapatnya antena dan fitur TV di dalamnya.

Itulah tips membedakan Samsung Galaxy S4 asli dengan kloningan. Sebelum membeli, sebaiknya Anda perhatikan hal ini. (source)