TeknoFlas.com – Google nampaknya semakin aktif melakukan bersih bersih untuk layanan yang dirasa tidak memberikan keuntungan buat mereka. Setelah kemarin google reader yang dihentikan, kini raksasa di dunia internet ini akan kembali mematikan layanan latitude dan maps offline besutan mereka.

Google Akan Mematikan Latitude dan Maps Offline

Setelah beberapa waktu yang lalu google melakukan update untuk google maps ke versi terbaru, ternyata efek dari update ini berimbas kepada latitude dan maps onffline. Pihak google memberikan waktu satu bulan untuk pengguna latitude untuk bermigrasi ke Google+, karena pada google maps versi terbaru layanan latitude sudah tidak ada lagi.

Google berencana untuk mematikan dukungan dari server sehingga pengguna Google Maps versi lama juga tetap akan terkena dampak penutupan layanan ini.Hal ini juga akan berimbas untuk aplikasi dan layanan pihak ketiga yang masih memakai API Latitude, karena mereka juga akan kehilangan akses ke lokasi pengguna, meski begitu mereka diijinkan untuk menyimpan data base posisi mereka.

Imbas dari perbaruan google maps ini juga menyebabkan tidak bisa menyimpan cache peta secara offline, dimana dulunya ada pilihan untuk melakukan penyimpaan pada sistem pengaturan google Maps, kedepanya dukungan offline akan dianggap sebagai fitur non-resmi dan hanya bisa dihidupkan melalui cara lain yang tersembunyi.

Nah buat para pembaca yang sering memakai kedua layanan dari google tersebut, siap siap saja untuk mencari alternatif lain.