TeknoFlas.com – Untuk terus eksis dalam persaingan alat telekomunikasi, para vendor berlomba lomba menghadirkan perangkat dengan inovasi terbaru, salah satunya adalah dalam hal kecepatan prosesor, karena sekarang ini smartphone sudah memiliki tugas seperti PC untuk menunjang pekerjaan para penggunanya sehingga dibutuhkan perangkat yang cepat dan mumpuni.

Prosesor 3GHz Diharapkan Hadir Tahun Depan

Untuk saat ini tercatat baru ada smartphone dengan kecepatan prosesor 2.3GHz saja, dan pastinya kedepanya para pabrikan akan membuat smartphone dengan kecepatan prosesor lebih besar dari yang ada.

Karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa kecepatan prosesor atau biasa yang disebut clocking menjadi salah satu faktor penting agar smartphone dapat bekerja optimal. Jika saat ini rata-rata smartphone baru memakai prosesor dengan kecepatan antara 1 GHz hingga 2 GHz, maka tahun depan diharapkan prosesor mampu mencapai kecepatan hingga 3 GHz.

Sepert dikutip TeknoFlas dari Ubergizmo, Sabtu (13/7/2013), TSMC dan GlobalFoundries berusaha meningkatkan optimalisasi prosesor di 2014. Dengan pengembangan chip arsitektur 20 nm, kedua perusahaan itu percaya bisa menghasilkan prosesor berbasis ARM yang bekerja lebih cepat.

Untuk saat ini, arsitektur 28 nm bisa mencapai kecepatan hingga 2,3 GHz. Untuk saat ini proseosr tersebut merupakan yang tercepat. Ada dua produk yang siap merilis proseor dengan Arsitektur 28 nm ini, yaitu Snapdragon 800 dari Qualcoom serta Tegra 4i produk dari Nvidia. Dimana kedua prosesor itu diperkirakan akan hadir pada akhir 2013 atau awal 2014.

Jika dengan arsitektur 28 nm bisa mencapai clocking diatas, maka dengan pemakaian arsitektur 20 nm ini,diharapkan chip bisa ditingkatkan kecepatannya hingga 30 persen. Konsumsi tenaga pun bisa dihemat hingga 25 persen.

Jadi bukan tidak mungkin pada tahun 2014 nanti akan hadir prosesor dengan kecepatan 3GHz, atau juga smartphone dengan kecepatan 3GHz, kita tunggu saja kedepanya.