Install Aplikasi Android Selain dari Google Play Store

Tips Install Aplikasi Android Selain dari Google Play Store

TeknoFlas.com – Apakah Anda pernah mencoba menginstall aplikasi Android selain dari Google Play Store atau lebih dikenal dengan sideloading? Memang ada aplikasi-aplikasi yang memiliki fitur bagus namun tidak bisa masuk ke Play Store yang disebabkan mungkin harus membayar agar aplikasi bisa ditampilkan di Google Play Store.
Install Aplikasi Android Selain dari Google Play Store
Aktivitas ini memang riskan terkait banyaknya aplikasi gratisan dan bajakan beredar dengan ditempelkan virus yang bisa merusak smartphone. Oleh karena itu Anda harus cermat sebelum menginstall aplikasi Android selain dari Google Play Store. Berikut tips installnya yang TeknoFlas kutip dari Gopego, Senin, (22/07/2013).

Tahap 1
Memungkinkan sideloading sangatlah mudah. Langsung saja buka Settings, lalu scroll ke bawah dan pilih opsi ‘Security.’ Scroll lagi ke bawah dan begitu menemukan pilihan ‘Unknown sources,’ centang pilihan tersebut untuk membuka akses instalasi aplikasi dari sumber selain Play Store.

Tahap 2
Setelah membuka akses tersebut, kini Anda bisa mendownload sebuah aplikasi (atau APK) dari sebuah link download.

Tahap 3
Setelah mendownload, file tersebut umumnya akan terletak di folder ‘downloads’ yang ada di ponsel Anda. Klik aplikasi yang telah Anda download (biasanya berakhiran ‘.apk’), dan Anda biasanya akan mendapati sejumlah pop-up yang akan menanyakan ulang apakah Anda ingin melakukan verifikasi dengan Google untuk memastikan apakah file APK tersebut berisi malware, atau untuk menginstall seperti biasa.

Pilih opsi pertama terlebih dahulu, baru kemudian ikuti instruksi instalasi. Anda akan menemui sejumlah apps permissions serta opsi untuk menginstall, mirip dengan pilihan ketika menginstall via Play Store. Klik install dan setelah proses tersebut berhasil, Anda bisa memilih untuk tap opsi Done atau buka aplikasi langsung dari opsi tersebut.

Baca Juga  Begini Cara Mudah Streaming & Nonton TV Di Smartphone Android

Mungkin tips diatas cukup mudah untuk Anda praktekan di smartphone Android Anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *