TeknoFlas.com – Tak hanya merilis tablet New Google Nexus 7 saja, Google juga merilis Chromecast, sebuah dongle berbiaya murah saingan Apple TV. Chromecast adalah perangkat portable berbentuk seperti USB yang berfungsi untuk menikmati konten video dan musik online secara langsung di layar TV.
Google Rilis Chromecast
Dikutip dari Antara News, Kamis (25/07/2013), Chromecast ini dihubungkan melalui saluran HDMI yang memungkinkan pengguna untuk streaming media dari ponsel pintar, tablet dan komputer. Perangkat yang berukuran 2 inci ini menggunakan operating system Chrome yang telah dimodifikasi dan akan secara langsung terintegrasi dengan jaringan Wi-Fi ketika ditancapkan ke port di TV.

Dengan Chromecast, Google berusaha untuk menyederhanakan tawaran layar besar dengan fokus pada streaming klip seperti Youtube dan Netflix melalui perangkat yang lebih murah. Perangkat ini merupakan salah satu upaya Google dalam mendongkrap industri televisi.

Alat ini dibanderol dengan harga 35 dolar AS (setara dengan Rp359.000). Meski demikian, belum ada konfirmasi mengenai peluncuran internasional. Untuk saat ini, Chromecast hanya tersedia dan berfungsi untuk wilayah Amerika Serikat saja.