TeknoFlas.com – Untuk kali pertama Apple tidak menjadi vendor yang meraup untung terbanyak, Apple digusur pesaingnya Samsung dalam segi keuntungan memasuki kuartal kedua tahun ini. Apple berhasil meraup keuntungan sebanyak USD 3,2 miliar pada kuartal II dengan penjualan iPhonenya. Sedangkan Samsung lebih banyak meraup keuntungan dengan memperoleh keuntungan sebesar USD5,2 Miliar berkat penjualan smartphone dan feature phone dalam kuartal yang sama

apple-vs-samsungSeperti TeknoFlas kutip dari Guardian, Minggu (28/7/2013) “Dengan volume yang besar dan kontrol ongkos pembuatan yang ketat, Samsung akhirnya sukses menjadi vendor handset terbesar dan paling menguntungkan,” kata Neil Mawston dari Strategy Analytics.

“Apple saat ini berada dalam tekanan kuat untuk meluncurkan lebih banyak model iPhone dengan harga lebih murah atau layar lebih besar untuk mengantisipasi kompetisi dan meraih kembali profit yang hilang di paruh kedua 2013,” imbuh Neil.

Sepertinya strategi yang yang diterapkan Samsung menuai hasil yang positif, Samsung membanjiri pasar gadget dengan bermacam produk ke semua level sehingga konsumen mempunyai berbagai macam pilihan. Sedangkan Apple tergeser dari posisinya karena margin keuntungan iPhone mengecil terkait pemangkasan harga dari harga USD 613 menjadi hanya USD581.