Teknoflas.com Persaingan sistem operasi antara android dan iOs nampaknya akan sedikit mendapatkan gangguan, dimana ubuntu sudah memperkenalkan sistem operasi untuk perangkat tablet pc .versi tablet ini juga akan di perkenalkan bareng dengan developer preview di smartphone, yakni besuk tanggal 21/2/2013. Dimana perangkat yang pertama kali akan memakai OS ubuntu versi touch ini adalah Galaxy Nexus dan Nexus 4, Nexus 7 dan Nexus 10
ubuntu os tablet
Seperti di kutip teknoflas dari Engadget, Rabu (20/2/2013) bahwa tablet yang akan memakai OS Ubuntu ini belum akan tersedia hingga tahun depan. Akan tetapai untuk yang versi smartphone yang sudah built-in dengan os Ubuntu akan di pasarakan mulai tahun depan. Dimana dari rumor yang berkembang smartphone dengan os Ubuntu kemungkinan bakal hadir bulan Oktober. Beberapa bulan kemudian barulah hadir smartphone dengan spesifikasi yang lebih tinggi dengan mode docking.

Kelebihan dari OSUbuntu versi ini adalah sangat ringan. Dimana semenjak OS ubuntu 14.04 diluncurkan, developer game bisa memindahkan hasil kerja mereka ke versi lain dengan mudah, karena masih bisa menggunakan kode sumber, dengan fitur keamanan yang sama, profil pengguna dan interfacenya.

Dimana hal ini mempermudah untuk para pengguna aplikasi dengan os Ubuntu yang dibuat untuk smartphone juga bisa berjalan di versi tablet atau perangkat Ubuntu lain tanpa perlu repot melakukan porting atau tweaking. Yang mana hal ini tidak bisa di lakukan untuk perangkat yang berbasis OS Windows, Windows Phone 8, Windows RT, dan Windows 8.

Dalam os Ubuntu versi tablet, di temui sejumlah fitur-fitur unggulan lainya. Seperti Real multitasking, Secure multi-user, Voice controlled HUD productivity, Edfe magic for cleaner apps, Content focus, dan Full convergence. Selain fitur di atas Ubuntu versi ini juga suppot untuk perangkat yang menggunakan ukuran layar dari 6 inci hingga 20 inci, serta yang beresolusi dari 100 hingga 450 PPI.

Tidak sabar segera menantikan kehadiran perangkat dengan OS ubuntu apakah bisa berpengaruh besar seperti android? Kita liaht saja kedepanya