TeknoFlas.com – Persaingan system operasi yang ada saat ini memang sangat sengit, meskipun peringkat pertama masih dikuasai oleh Android dan kedua diduduki oleh apple, akan tetapi perebutan tempat ketiga sebagai system operasi paling banyak digunakan menjadi rebutan antara Windows phone dan BlackBerry.

Windows Phone Kembali Ungguli BlackBerry
Source : Windows Phone Daily

Meskipun Blackberry telah merilis OS terbaru mereka, akan tetapi berdasarkan laporan untuk triwulan kedua tahun 2013, kembali perusahaan asal Kanada ini harus rela posisi tiga direbut oleh OS besutan dari Microsoft .

Android masih menguasai posisi pertama sebagai OS paling laris, dimana OS robot hijau ini mengalami pertumbuhan tahunan yang sangat signifikan. Dimana Android mengalami penigkatan hingga 74 persen dengan total pengiriman mencapai 187 juta unit.

Apple yang menempati urutan kedua berhasil menorehkan peningkatan pertumbuhan tahunan hingga 20%. Secara total Apple berhasil mengapalkan 31,2 juta unit smartphone unit di Q2 2013.

Laporan ini merujuk pada data yang dikeluarkan oleh International Data Center (IDC), tercatat bahwa pengiriman ponsel Windows Phone mengalami peningkatan yang sangat signifikan yakni pada angka 78 persen. Windows Phone yang pada kuartal kedua tahun lalu terkirim 4,9 juga unit, di tahun ini meningkat menjadi 8,7 juta unit.

Seperti TeknoFlas kutip dari laman Windows Phone Daily, Jumat (9/8/2013), Nokia menjadi produsen ponsel pintar terdominan dengan menyumbang 81% atau sekitar 7,1 juta unit smartphone berbasis Windows Phone yang dikapalkan pada kuartal kedua tahun 2013 ini.

Pertumbuhan penjualan perangkat berbasis Windows ini berbanding terbalik dengan perangakt yang mengusung OS BlackBerry. Dimana dari laporan tersebut tercatat bahwa BlackBerry telah mengalami penurunan pengiriman sebesar 12 persen. Dengan keadaan tersebut membuat Blackberry menempati posisi keempat di pasar sistem operasi mobile dunia. Pabrikan asal Kanada ini mengalami penurunan jumlah pengiriman produk smartphone dari 7,7 juta unit pada kuartal kedua 2012 menjadi 6,8 juta unit di periode yang sama tahun ini.