TeknoFlas.com – Undang undang mengenai LTE (Long Term Evolution) yang merupakan teknologi akses data setara dengan kecepatan 4G ini memang belum resmi ditetapkan oleh pemerintah Indonesia, akan tetapi pada acara KTT APEC yang akan digelar di Bali 5-7 Oktober 2013 medatang Telkomsel berencana menghadirkan teknologi tersebut di Indonesia secara perdana.

LTE Akan Hadir di Indonesia Oktober 2013

Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kecepatan akses data untuk peserta dari beberapa Negara yang sudah mengadopsi teknologi ini.

Untuk memberikan fasilitas layanan data tersebut, Telkomsel bakal menyiapkan 35 unit base transceiver station (BTS) yang tersebar di seputar arena konferensi tingkat dunia itu.

Menurut keterangan dari Alex J Sinaga yang merupakan Dirut Telkomsel seperti dikutip dari Merdeka Senin, (19/8/2013) mengatakan bahwa mengatakan sebagian besar negara peserta APEC tentunya sudah mengimplementasikan LTE di negaranya sehingga ponsel yang dibawa ke KTT juga sudah bisa menangkap sinyal LTE.

“Saat ini LTE sudah diterapkan di 90 negara. Nah, pasti di antara 90 negara ini ada yang menjadi peserta APEC yang mana mereka sudah terbiasa menggunakan akses data berkecepatan tinggi tersebut. Karena itu lah Telkomsel akan menyediakan teknologi LTE di ajang tersebut,” ujarnya.

Meskipun demikian pihak telkimsel belum bisa memberitahuan pada frekuansi berapa LTE LTE di APEC akan digelar, akan tetapi kemungkinan terbesar akan memakai frekuensi pada pita 700 MHz atau 1.800 MHz. Telkomsel sendiri lebih menyukai LTE digelar di pita 1.800 MHz.

Sebenarnya pemerintah Indonesia baru berencana akan mengadakan TD-LTE akhir tahun ini sedangkan LTE untuk seluler kemungkinan besar di gelar pada 2018.