TeknoFlas.com – OS Tizen yang digadang gadang oleh Samsung dan Intel ini memang sempat mengalami penundaan peluncuran, akan tetapi dari sebuah video yang beredar luas di internet, smartphone dengan OS terbaru ini sudah mulai menunjukan kebolehanya.
Tizen
Video yang menampilkan sebuah ponsel dari Samsung dengan OS tizen tersebut direkam dengan durasi 3 menit, dimana isi dari video tersebut memperlihatkan kepada kita seseorang yang sedang mencoba fitu NFC yang sudah hampir pasti akan ada dalam OS ini.

Dengan menggunakan NFC card, pengguna mencoba melakukan pengujian antar perangkat dengan teknologi ini.
Desain dari ponsel yang dijadikan bahan uji coba memiliki kemiripan dengan ponsel Samsung dari generasi Galaxy, namun belum bisa dipastikan apakah desain tersebut yang akan digunakan saat peluncuran Smartphone berbasis tizen nantinya, karena sampai saat ini belum ada kepastian kapan OS ini siap dilempar ke pasaran global.

Jika kita melihat dari video demo ini, bisa disimpulkan bahwa Ponsel Samsung Tizen telah berada pada tahap final, dan kemungkinan rumor yang menyebutkan peluncuran perangkat Tizen dilakukan pada bulan November medatang akan terlaksana.

OS Tizen Sendiri merupakan system operasi yang berbasis Linux, dimana dengan adanya pengembangan OS baru ini, diharapkan pihak Samsung bisa melepaskan diri dari ketergantungan terhadap OS android yang selama ini digunakan pabrikan asal korea ini. Tizen merupakan pengembangan dari MeeGoo yang sudah terlebih dahulu dikembangkan oleh Nokian bersama Intel dan LiMo.

Setelah Google resmi membeli Motorola, ada kekhawatiran dari pihak Samsung mengenai kemungkinan Google akan lebih mengutamanan perangkat besutan Motorola ini dalam hal akses untuk update Android terbaru, oleh karena itu Samsung mencoba untuk mengembangkan OS mereka sendiri.

Meski telah dibantah oleh Google, rumor ini masih diyakini sebagian kalangan akan terjadi suatu saat nanti. Samsung adalah salah satunya yang menyiapkan kemungkinan tersebut dengan ancang-ancang merilis Tizen.

Berikut ini video demo smartphone berbasis Tizen

Sumber : http://youtu.be/i9tsgMGaFYA