TeknoFlas.com – Menjengkelkan jika Anda harus dihadapkan permasalahan Laptop diakses sangat lambat. Terlebih jika Anda dikejar deadline. Memang untuk segi performa atau daya tahan laptop lebih rentan dibanding komputer.
Inilah Penyebab Laptop Anda Lambat
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kerja laptop Anda menjadi lambat dan Anda harus mengetahui hal tersebut agar bisa memperbaikinya. Dikutip TeknoFlas dari Jalantikus, Senin (19/8/2013), berikut tips mengetahui penyebab laptop menjadi lambat.

Terlalu banyak program saat startup
Startup merupakan program yang aktif dengan sendirinya ketika laptop baru pertama kali dinyalakan, semakin banyak program maka akan semakin lambat loading dari laptop kalian. Untuk mengetahuinya, kalian bisa masukan msconfig pada menu Run.

Laptop terlalu panas
Laptop yang kepanasan bisa menyebabkan kinerja dari laptop tersebut menjadi lambat, biasanya hal ini terjadi karena kerja laptop yang begitu berat. Untuk mengatasinya, kalian bisa menggunakan coolingpad untuk membantu laptop tetap dingin.

Terserang virus
Pasti banyak diantara kalian yang sudah mengetahui hal ini, virus bisa menjadi penyebab utama laptop kalian menjadi lambat.

Terlalu banyak antivirus
Antivirus merupakan perlindungan yang penting untuk laptop kalian, namun jika kalian terlalu banyak menggunakan antivirus, hal tersebut dapat membuat laptop menjadi lambat. Pilih 1 antivirus yang kalian percaya, yang penting kalian rajin meng-update antivirus tersebut.

Masalah pada hardisk
Karena laptop sering dibawa bepergian, pasti banyak hal yang terjadi pada laptop kalian seperti terguncang, terbentur, dan sebagainya. Hal tersebut dapat membuat hardisk badsector, sering meng-install dan uninstall program juga bisa membuat hardisk terganggu.

Kekurangan memori
Memori sangat berpengaruh terhadap kinerja laptop, bisa jadi ini adalah masalah utama mengapa kinerja laptop kalian menjadi lambat. Pastikan kalian menggunakan OS yang sesuai dengan kemampuan memori laptop kalian.

Terlalu banyak program
Terlalu banyak program bisa membuat laptop kalian menjadi lambat, apalagi program yang berjalan secara realtime seperti antivirus, firewall, dan sebagainya. Disarankan untuk menyimpan program yang penting dan kalian perlukan saja.