Sejarah Android

Sejarah Android

TeknoFlas.com – Apa itu Android dan bagaimana terbentuknya? Android merupakan sistem operasi open source berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Dikutip TeknoFlas dari Wikipedia, dikembangkan oleh Android, Inc dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian diakuisisi pada tanggal 17 Agustus 2005. Sistem operasi Android dirilis secara resmi pada tahun 2007.

Sejarah Android

Siapa Pendiri Android?
Sistem operasi berbasis Linux ini dikembangkan Android, Inc yang didirikan di Palo Alto, California, pada bulan Oktober 2003 oleh Andy Rubin (pendiri Danger), Rich Miner (pendiri Wildfire Communications, Inc.), Nick Sears (mantan VP T-Mobile), dan Chris White (kepala desain dan pengembangan antarmuka WebTV) untuk mengembangkan “perangkat seluler pintar yang lebih sadar akan lokasi dan preferensi penggunanya”.

Tujuan Pengembangan Android
Sebenarnya tujuan awal pengembangan Android adalah untuk mengembangkan sebuah sistem operasi canggih yang diperuntukkan bagi kamera digital, namun kemudian disadari bahwa pasar untuk perangkat tersebut tidak cukup besar, dan pengembangan Android lalu dialihkan bagi pasar telepon pintar untuk menyaingi Symbian dan Windows Mobile (iPhone Apple belum dirilis pada saat itu).

Ponsel Android Pertama
Telepon seluler komersial pertama yang menggunakan sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang diluncurkan pada 22 Oktober 2008. HTC Dream adalah sebuah platform perangkat seluler yang menggunakan kernel Linux versi 2.6 dan berjalan pada OS Android 1.0. Kemunculan ponsel Android pertama ini kemudian produsen ponsel lain mencoba meraih pangsa pasar seperti Samsung, LG dan lainnya.

Perkembangan Android
Android secara bertahap telah melakukan sejumlah pembaruan untuk meningkatkan kinerja sistem operasi, menambahkan fitur baru, dan memperbaiki bug yang terdapat pada versi sebelumnya. Setiap versi utama yang dirilis dinamakan secara alfabetis berdasarkan nama-nama makanan pencuci mulut atau cemilan bergula; misalnya, versi 1.5 bernama Cupcake, yang kemudian diikuti oleh versi 1.6 Donut. Versi terbaru adalah 4.4 KitKat, yang dirilis pada 31 Oktober 2013.

Baca Juga  Lenovo Gelontorkan A859, Andalkan Layar 5 Inci

Android Kuasai Pasar Ponsel
Android menguasai pangsa pasar telepon pintar global November 2013, yang dipimpin oleh produk-produk Samsung, dengan persentase 64% pada bulan Maret 2013. Pada Juli 2013, terdapat 11.868 perangkat Android berbeda dengan beragam versi. Keberhasilan sistem operasi ini juga menjadikannya sebagai target ligitasi paten “perang telepon pintar” antar perusahaan-perusahaan teknologi. Hingga bulan Mei 2013, total 900 juta perangkat Android telah diaktifkan di seluruh dunia, dan 48 miliar aplikasi telah dipasang dari Google Play. Pada tanggal 3 September 2013, 1 miliar perangkat Android telah diaktifkan.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci cara me root smartfren andromax c2 kitkat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *