Gempa 8,2 SR, Chile Diterjang Tsunami 2 Meter

Gempa 8,2 SR, Chile Diterjang Tsunami 2 Meter

TeknoFlas.com – Ombak tsunami setinggi 2 meter menerjang kawasan Iquique di pesisir utara Chile beberapa menit setelah gempa dengan kekuatan 8,2 SR mengguncang bagian negara tersebut pada Selasa 1 April 2014 malam waktu setempat. Sejumlah orang terluka dan beberapa rumah rusak.

Gempa 8,2 SR, Chile Diterjang Tsunami 2 Meter

Sebelumnya peringatan tsunami dikeluarkan untuk Cile, Peru dan Ekuador setelah terjadi gempa. Pihak berwenang juga memerintahkan untuk evakuasi diseluruh garis pantai negara tersebut. Seperti dikutip TeknoFlas dari New York Post, Rabu (2/04/2014) dikatakan oleh seorang otoritas setempat gempa yang terjadi sangat kuat bahkan sampai ke La Paz, ibukota Bolivia yang berjarak 290 mil atau 466km.

Menurut badan Geologi Amerika Serikat gempa terjadi sangat dangkal yakni dengan kedalaman 10 km dibawah laut, tepatnya 99 km barat laut pelabuhan pertambangan Iquique. Kerusakan akibat gempa dan tsunami yang terjadi di Chile tidaklah terlalu parah mengingat warga telah berhasil dievakuasi sebelum gelombang tsunami datang.

Seperti diketahui gempa dengan kekuatan besar pernah menerjang Chile pada tahun 2010 lalu yang mengakibatkan lebih dari 220 rumah hancur dan lebih dari 500 orang meninggal. Sama halnya pada tahun 1960 Chile juga pernah terjadi gempa dengan kekuatan 9,5 SR dan mengakibatkan kurang lebih 5000 orang tewas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *