Gunung slamet meletus lagi

Gunung Slamet Meletus lagi Hari Ini

TeknoFlas.com – Gunung Slamet yang sudah 4 hari tidak mengalami aktivitas vulkanik hari ini, Rabu (17/9/2014) dilaporklan kembali meletus.Hal ini seperti yang disampaikan oleh Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Surono.

“Telah terjadi erupsi atau letusan Gunung Slamet pada pukul 10.37 WIB dengan tinggi letusan 10.00 meter dari puncak, letusan berikutnya 10.47 WIB,” katanya saat dihubungi dari Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu (17/9/2014).

Gunung slamet meletus lagi

Ia mengatakan, erupsi atau letusan tetap dapat terjadi sebagai aktivitas Gunung Slamet. Gunung tersebut dalam empat hari terakhir cenderung menurun dan tidak terekam adanya gempa tremor. Menurut dia, hal itu disebabkan status Gunung Slamet masih “Siaga”.

Terkait hal itu, Surono mengimbau masyarakat sekitar agar tidak beraktivitas dalam radius 4 kilometer dari puncak Gunung Slamet.

“Di luar radius tersebut, masyarakat aman dan dapat beraktivitas seperti biasa,” katanya.

Sementara itu, warga Dusun IV Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Banyumas sempat panik saat letusan Gunung Slamet kembali terdengar.

“Suara letusannya sangat keras. Bahkan, getarannya cukup kuat,” kata Kepala Dusun IV Wasirun.

Dia mengaku menerima pesan singkat dari sejumlah warga yang mempertanyakan kondisi Gunung Slamet yang kembali menggeliat setelah sempat tenang dalam beberapa hari terakhir.

Salah seorang warga Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas, Budi Satrio mengatakan bahwa suara letusan itu terdengar berulang kali.

“Bahkan, setelah letusan kedua, terjadi hujan pasir tapi cuma sebentar, sekitar dua hingga tiga menit. Suara pasir yang berjatuhan di atap sangat keras,” katanya.

Baca Juga  Kondisi Terkini Gunung Slamet Masih Terjadi 79 Kali Gempa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *