Beberapa Penyebab Umum Penyakit Kanker

TeknoFlas.com – Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia, dan pasti kita semua akan ketakutan jika didiagnosa mengidap penyakit yang satu ini. Selain sangat mematikan, penyakit kanker juga sangat susah untuk disembuhkan.

Kanker

Berikut ini 5 penyebab paling umum sakit kanker seperti dilansir Medic Magic

1. Gen
Beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara disebabkan gen. Seperti yang dialami Angelina Jolie yang memiliki gen kanker payudara BRCA1 dan memutuskan untuk melakukan mastektomi. Jika ada anggota keluarga yang terkena kanker payudara, seperti ibu, bibi, kakak, atau nenek, ada baiknya untuk memeriksakan diri secara teratur.

2. Merokok
Perokok kronis sering berpendapat bahwa siapa pun dapat terkena kanker paru. Bahkan mereka yang tak pernah merokok. Namun, statistik jelas menunjukkan bahwa satu dari empat kematian akibat kanker disebabkan oleh merokok. Merokok dapat menyebabkan kanker paru, tenggorokan, mulut, dan kanker laring. Tidak hanya itu, ada banyak kasus kematian akibat kanker yang diderita oleh perokok pasif.

3. Karsinogen
Kebiasaan merokok dapat menjadi salah satu kebiasaan yang membuat karsinogen masuk ke tubuh kita. Tapi ada hal lain juga. Karsinogen dapat berupa bahan kimia beracun seperti dioxin, benzena, asbes, vinil klorida, dan lain-lain. Beberapa virus seperti HPV juga dapat menjadi salah satu karsinogen alam yang menyebabkan kanker yaitu kanker leher rahim.

4. Paparan sinar matahari
Radiasi matahari merupakan salah satu penyebab kanker kulit. Banyak orang tidak melindungi kulit mereka dari matahari menderita kanker kulit.

5. Usia
Usia juga merupakan salah satu penyebab paling umum dari kanker. Semakin tua seseorang, semakin tinggi risiko terkena kanker. Bahkan, 75 persen dari kasus kanker baru terjadi pada orang berusia di atas 60 tahun. Satu teori menyebutkan bahwa semakin tua, pertahanan tubuh terhadap sel kanker menurun.

Baca Juga  Inilah Beberapa Hal yang Memicu Timbulnya Sel Kanker

Selain di atas lima, kanker juga dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Oleh karena itu, menjaga kesehatan dengan menjalani gaya hidup yang baik adalah penting untuk mencegah kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *