Cegah Kanker dengan Minum Teh Hijau

Cegah Kanker dengan Minum Teh Hijau

TeknoFlas.com – Selain untuk diet atau menurunkan berat badan, ternyata teh hijau punya satu khasiat lagi yang ampuh. Kanker bisa dicegah dan dilawan dengan minum teh hijau.

Cegah Kanker dengan Minum Teh Hijau

Sebuah penelitian dalam Jurnal Natur Nanotechnology menemukan bahwa, molekul yang merupakan bahan utama dalam teh hijau dapat digunakan sebagai pembawa atau pengangkut protein antikanker–membentuk nanokompleks therapeutic yang stabil dan efektif.

Temuan ini menurut para peneliti dapat membantu membangun sistem pengobatan yang lebih baik. Untuk sampai pada kesimpulan ini, Joo Eun Chung dan koleganya menggunakan molekul (-)-epigallocatechin-3-O-gallate (EGCG)–molekul yang ditemukan pada teh hijau— untuk menciptakan pembawa protein antikanker Herceptin.

Kelebihan EGCG dibandingkan zat pembawa lainnya adalah memiliki juga efek antikanker. Para peneliti ini lalu menyuntikkan nanokompleks EGCG-Herceptin pada tikus.

Mereka lalu menemukan bahwa tumor tertentu pada tikus berkurang pertumbuhannya dalam jangka waktu yang lebih lama.

Para peneliti mengatakan, beberapa pengobatan kanker tergantung pada obat-obatan yang terdiri dari obat terapi dan sebuah pembawa yang menghantar obat ke lokasi tumor.

Ketika merancang obat pembawa, beberapa faktor harus dipertimbangkan, misalnya, harus menyerang tumor. Lalu, rasio obat pembawa itu, karena penggunaan dalam jumlah tinggi bisa mengakibatkan keracunan jika tubuh tak mampu memetabolismenya.

Selain itu, terlalu kompleksnya obat bisa mengubahnya menjadi tidak efektif, jika tubuh melawan (obat) dan menghilangkannya terlalu cepat, demikian seperti dilansir Medical News Today.

Baca Juga  Beberapa Penyebab Umum Penyakit Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *