Cara Mendeteksi Stroke

Stroke, Ini Cara Mudah Deteksi Dini!

TeknoFlas.com – Stroke merupakan salah satu penyakit yang sering kita jumpai di kehidupan modern saat ini. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja baik tua maupun dewasa. Untuk itu perlu deteksi dini akan resiko penyakit stroke.

Cara Mendeteksi Stroke

Dikutip dari Kabar24, Ibnu Benhadi, Dokter spesialis bedah saraf dari RS Bunda Medika memaparkan cara mendeteksi dini stroke. Cara gampangnya adalah melihat kejanggalan di wajah, gerak tangan, dan cara bicara pada orang terdekat, perlu segera dibawa kerumah sakit, karena kemungkinan itu adalah gejala stroke.

“Cara mendeteksi stroke biasa kami sebutFast (face, arm, speech and time). Pertama perhatikan wajah orang terdekat, bila mengalami perubahan sedikit asimetris ada kemungkinan dia terkena,”ujarnya di Jakarta, Selasa (26/8/2014).

“Kedua, deteksi gerak tangannya, suruh angkat kedua tangan bersamaan, jika gerakan yang satu melemah, cepat-cepat bawa kedokter. Ketiga, perhatikan cara bicaranya, bila sedikit pelo, terpatah-patah dan tak jelas ada indikasi dia terserang.”

“Terakhir, time atau waktu, cepat-cepat bawa jika gejalanya sudah jelas ada pada orang terdekat, jangan tunggu hingga parah,” jelasnya.

Dikatakan, stroke selain disebabkan penyumbatan pembuluh darah, dan perdarahan, juga ada stroke ringan (stroke mini). Stroke ringan adalah stroke yang tiba-tiba menyerang seseorang akibat penyumbatan ringan pembuluh darah, namun tak lama si penderita akan kembali normal.

“Jika terjadi seperti itu, bawa segera kerumah sakit. Karena 80% stroke akut berawal dari gejala seperti itu. Rentang waktu paling lama penderita stroke dibawa kerumah sakit adalah 3 jam, lebih dari itu pasien sulit disembuhkan. Karena stroke menyerang otak, dan saluran otak akan mati bila tidak secepatnya mendapat aliran darah dan glukosa,” tambahnya.

Baca Juga  Kenali Gejala Stroke Mulai Sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *