Inilah Alasan Penyebab MSG Buruk untuk Kesehatan

Inilah Alasan Penyebab MSG Buruk untuk Kesehatan

TeknoFlas.com – Inilah Alasan Penyebab MSG Buruk untuk Kesehatan. Kembali tim TeknoFlas akan menghadirkan informasi terkini seputar dunia kesehatan, khususnya terkait dampak buruk MSG untuk kesehatan.

Bagi orang yang sering jajan makanan pinggir jalan, kemasan di supermarket seperti mi instan, keripik, snack, pinggir jalan, atau makanan kaleng, tentunya telah familiar dengan yang namanya Monosodium glutamat (MSG).

Inilah Alasan Penyebab MSG Buruk untuk Kesehatan

Sejatinya, MSG adalah penyedap rasa yang biasa ditambahkan ke dalam makanan supaya makanan menjadi lebih lezat. Dilansir dari laman Vemale.com, FDA mengakui bahwa MSG termasuk bahan aditif, atau penyedap makanan yang aman, namun tetap saja banyak pro dan kontra. Hal ini disebabkan oleh banyak hal, antara lain dan yang paling utama adalah karena faktor kesehatan.

MSG merupakan salah satu bahan makanan yang banyak mengundang penyakit dan sudah banyak yang menyebutkan bahwa MSG sebaiknya dihindari. Efek samping yang mungkin Anda rasakan adalah sakit kepala, wajah memerah, berkeringat, sesak nafas, mati rasa, kesemutan, detak jantung lebih cepat, nyeri di dada, mual, dehidrasi dan lemas.

Efeknya mungkin tidak akan secara langsung atau segera setelah Anda makan makanan yang mengandung MSG, namun bisa jangka panjang baru terasa dan menyebabkan banyak penyakit serius. Efek jangka pendek juga bisa berupa batuk dan sakit tenggorokan dan biasanya memang mudah disembuhkan atau tidak berdampak sangat buruk.

Beberapa di antara efek jangka panjang bisa seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, obesitas dan kinerja organ tubuh yang berkurang. Cara menghindari reaksi negatif dari MSG adalah menghindari makanan yang mengandung MSG apalagi jika kadarnya berlebihan. Anda bisa menggantinya dengan menggunakan garam dapur namun juga jangan terlalu banyak, karena juga bisa berefek buruk pada kesehatan tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *