Tips Menyimpan Wadah Makanan Plastik

Ini Tips Menyimpan Wadah Makanan Plastik

TeknoFlas.com – Wadah penyimpanan makanan dari plastik kini sudah menjamur. Anda bisa mendapatkannya hampir di semua supermarket. Selain mudah disimpan, ekonomis, dan tersedia dalam segala ukuran dan bentuk, wadah plastik bisa digunakan kembali merupakan bagian tak terpisahkan dari setiap dapur modern.

Tips Menyimpan Wadah Makanan Plastik

Jika Anda ingin menggunakan wadah penyimpanan makanan dari plastik, ada baiknya Anda harus tahu dulu bagaimana cara membersihkan dan menyimpannya. Berikut ini tipsnya:

1. Lakukan pembilasan awal (dan cuci jika memungkinkan!)

Saat wadah kosong. Langkah pertama untuk menghilangkan bau makanan dari wadah plastik adalah dengan mencuci mereka pada saat-saat awal.

Sapuan menyeluruh dengan air panas dan sabun piring adalah yang terbaik, tapi membilas dengan air sebelum mencuci juga sangat membantu.

2. Simpan wadah dengan sedikit taburan garam

Meskipun kari Thailand dan makanan beraroma tajam lainnya membuat meja makan siang lebih menyenangkan, tapi mereka sering meninggalkan bekas bau yang sulit hilang pada wadah plastik Anda, meskipun setelah dicuci.

Menambahkan banyak taburan garam pada wadah akan mengusir bau sehingga sandwich kalkun Anda tak akan terasa seperti cabai hijau dan santan.

Pastikan mengelap bagian dasar dan dalam wadah sebelum menggunakannya, atau Anda akan mengunyah garam!

3. Paparkan wadah pada sinar matahari langsung

Sinar matahari meningkatkan segalanya. Meletakkan wadah di tempat terbuka yang banyak sinar matahari akan membantu mengeringkannya dan memanfaatkan kemampuan alamiah sinar matahari menangkal bau.

4. Bilas dengan cuka

Setelah mencuci wadah dengan air panas dan sabun piring, isi wadah dengan cuka putih dan diamkan setidaknya tiga menit untuk menghilangkan bau menjijikan yang susah hilang. Kemudian keluarkan cuka dan cuci kembali dengan sabun dan air.

Simpan semalam (atau lebih) dengan kertas koran. Jangan tabya bagaimana atau kenapa, namun aroma bandel pada wadah plastik biasanya akan hilang oleh kertas koran.

Letakkan kertas koran yang telah diremas di dalam wadah, tutup atasnya dan simpan semalaman atau lebih. Ingat untuk mencuci dengan air dan sabun setelahnya karena koran tak selalu dikenal sebagai bahan yang super bersih.

5. Cuci di rak paling atas alat pencuci piring

Jika diletakkan di tempat paling bawah, wadah plastik kemungkinan akan terkena kontak dengan daerah mesin cuci yang super panas, menyebabkan wadah meleleh dan menggulung. Letakkan di atas guna menghindari perubahan bentuk selama mencuci.

6. Hilangkan noda dan bau dengan soda kue

Soda kue sebagai perangkat pembersih adalah bukan hal baru dan bekerja ampuh sebagai penghilang noda dan bau pada wadah plastik juga.

Cukup buat adonan pasta tebal dari air hangat dan soda kue, lalu lumuri bagian dalam wadah. Diamkan setidaknya satu hari lalu cuci bersih. Lanjutkan hingga tak ada lagi noda dan wadah tercium segar.

7. Rapikan

Jangan biarkan setiap botol atau wadah makanan menumpuk, dan selalu satukan wadah dengan tutupnya. Meskipun menggunakan kembali wadah sup pangsit atau toples selai sangatlah menggoda. Hal ini akan menyebabkan kekacauan ekstra di antara koleksi wadah penyimpan makanan Anda.

Tak ada yang lebih menyebalkan dari kehilangan penutup wadah dalam jajaran koleksi wadah yang tersusun rapih. Simpan semua tutup dalam keranjang besar, dan tumpuk wadah di dekatnya dengan satu tutup di atas tumpukan guna mencegah debu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *