Ferrasta Soebardi atau Pepeng

Mengenal Penyakit Pepeng, Multiple Sklerosis

Ferrasta Soebardi atau PepengFerrasta Soebardi atau yang akrab disapa Pepeng, pembawa acara dan komedian nasional wafat pada usia 60 tahun di RS Puri Cinere Depok. Pepeng yang pernah menjadi calon anggota legislatif Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tahun 2013 ini meninggalkan istri dan empat anaknyaPada tahun 203, Pepeng pepeng opname di rumah sakit akibat penyakit jantung yang menderanya. Dan selama lebih dari 10 tahun, Pepeng mencoba berdamai dengan penyakjit kronis yang menderanya, Multiple Sklerosis.

Multiple sklerosis (MS) adalah penyakit dimana sistem kekebalan tubuh menyerang myelin — pembungkus saraf tepi yang mengandung lemak. Sehingga jaringan saraf tepi perlahan akan rusak. Komunikasi antarsel saraf pun akan terganggu. Gejala penyakit ini tergantung dari lokasi dan banyaknya jaringan saraf yang rusak. Beberapa penderita MS, seperti Pepeng, akan kehilangan kemampuan berjalan. Beberapa penderita lain mengeluhkan perasaan tebal, kesemutan salah satu sisi, kesusahan bicara, sampai pandangan kabur. Penderita lain bahkan tidak mengalami gejala baru setelah periode lama.

Sayangnya, tidak ada obat yang dapat menyembuhkan MS secara tuntas. Saat ini hanya ada terapi yang dapat memperlambat progresifitas penyakit.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci sklerosis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *