pendaftaran sbmptn 2015
Ilustrasi calon peserta pendaftaran SBMPTN 2015

5 Langkah Sukses Mengikuti Pendaftaran SBMPTN 2015

Demi mengurangi potensi gagal sejak dini, panitia menganjurkan semua calon peserta mengikuti tahapan pendaftaran SBMPTN 2015 sebaik mungkin. Menurut Asep Gana selaku Sekretaris Panitia Lokal SBMPTN Bandung, ada lima langkah agar sukses mengikuti pendaftaran tanpa harus mengulang dan membayar lagi.

pendaftaran sbmptn 2015
Ilustrasi calon peserta pendaftaran SBMPTN 2015

Langkah pertama, silahkan baca secara seksama petunjuk penyelenggaraan SBMPTN yang tertera di situs http://www.sbmptn.or.id. Pahami semua persyaratan dan ketentuan masing-masing Program Studi (Prodi) yang tertera di situs. “Bila kurang jelas dan ada pertanyaan, silahkan hubungi langsung Perguruan Tinggi Negeri yang bersangkutan,” ucap Soni A. Nulhaqim, juru bicara Panitia Lokal SBMPTN Bandung, Senin (11/5).

Langkah kedua, calon peserta wajib mengunjungi situs http://pendaftaran.sbmptn.or.id untuk mengisi data berupa nama lengkap dan tanggal lahir. Pengisian itu merupakan salah satu proses pendaftaran SBMPTN 2015, sekaligus memperoleh slip pembayaran yang mencantumkan kode, tanggal, Kode Akses Pendaftaran dan PIN.

Langkah ketiga, slip pembayaran yang sudah dicetak harus segera dilunasi pada saat itu juga atau keesokan harinya via bank mitra SBMPTN 2015, entah itu BNI atau Bank Mandiri. Calon peserta cukup memperlihatkan slip pembayaran ke teller. Bila tak sempat mendatangi kantor cabang bank mitra terdekat, pembayaran bisa melalui SMS banking, ATM dan internet banking. Nantinya calon peserta cukup mencantumkan kode pembayaran yang tertulis di slip.

“Bila sulit mengakses kedua bank mitra SBMPTN 2015, peserta bisa melakukan pembayaran via ATM Bersama,” ucap Soni.

Langkah keempat, sesudah menyelesaikan pembayaran, semua calon peserta wajib mengakses http://pendaftaran.sbmptn.or.id dengan memasukkan Kode Akses Pendaftaran dan PIN yang tercantum di slip. Nantinya calon peserta wajib mengisi biodata, meng-upload foto, menentukan Panitia Lokal tempat mengikuti ujian tertulis dan memilih program studi impian. Pengisian data harus segera disimpan.

Baca Juga  Inilah Pemicu Melonjaknya Peserta SBMPTN 2015

Langkah kelima, setelah menyelesaikan semua rangkaian proses pendaftaran SBMPTN 2015, calon peserta akan menerima kartu tanda peserta yang mencantumkan nomor dan lokasi ujian peserta. Selanjutnya calon peserta wajib mencetak kartu tersebut dan dibawa saat ujian berlangsung.

“Sesudah mengikuti semua proses di atas, calon peserta resmi menyelesaikan pendaftaran online SBMPTN 2015 dan bersiap menghadapi tes saringan,” tutup Soni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *