beras palsu dari plastik
Ilustrasi beras plastik (doc/cnnindonesia.com)

4 Cara Mudah Membedakan Beras Plastik & Beras Asli

Penemuan beras palsu dari plastik di salah satu pasar Bekasi membuat masyarakat panik. Beras plastik bila dilihat sekilas tak jauh berbeda dari beras asli. Namun ada empat cara mudah untuk membedakan mana yang asli dan palsu.

“Pengamatan secara fisik memang butuh ketelitian tinggi karena kedua jenis beras terlihat sama, namun bagi orang-orang yang terbiasa mengelola beras pasti bisa membedakan. Pertama, coba lihat dari bentuknya, beras asli terdapat guratan akibat sekam padi,” ungkap Adisam ZN, Kepala Bagian Pengujian Laboratorium Sucofindo, saat menghadiri acara identifikasi dini untuk membedakan beras asli dan palsu di kantor Wali Kota Bekasi, Kamis (21/5) pagi. Acara penyuluhan ini juga dihadiri langsung oleh Rahmat Effendi, Wali Kota Bekasi.

beras palsu dari plastik
Ilustrasi beras plastik (doc/cnnindonesia.com)

Adisam menambahkan, bulir beras plastik tidak memiliki guratan apapun dan berwarna bening bersih. “Selain tidak ada guratan bekas sekam padi, beras plastik bentuknya sedikit lonjong,” ungkapnya.

Kedua, membedakan mana yang asli dan palsu bisa dilihat langsung dari ujung-ujung bulir beras. Setiap ujung beras asli ada warna putih yang merupakan zat kapur dan mengandung karbohidrat. Sementara beras plastik tidak memiliki warna putih di setiap ujungnya. (Baca: Ciri-Ciri Beras Palsu Dari Plastik Yang Beredar Di Pasar)

“Ciri ketiga, beras asli kalau direndam air, maka air akan berubah warna jadi putih dan tekstur beras jadi lembek mirip bubur. Sedangkan beras plastik tidak akan terjadi apa-apa, air pun tidak akan menyatu,” terangnya.

Keempat, coba letakkan beras palsu di atas selembar kertas, terlihat jelas bila bentuk beras tidak alami, lengkung dan sama sekali tak ada patakan. “Jika beras plastik dipatahkan, maka bakal pecah jadi bentuk kecil-kecil,” ujarnya.

Baca Juga  5 Bahan Makanan Palsu Dari China Yang Berbahaya Bagi Tubuh

“Beras asli itu punya bentuk bulir yang sedikit menggembung dan bila dipatahkan biasanya terbelah jadi dua,” tutup Adisam.

Sebelumnya, seorang warga Bekasi bernama Dewi Setiani, telah membeli beras palsu pada hari Minggu (17/5) kemarin. Jenis beras yang dibeli ternyata berbeda dari beras biasanya. Menurut pengakuannya di akun sosial media, bentuk hingga rasa beras lebih menyerupai plastik.

Beras plastik itu dibelinya dari Pasar Mutiara Gading Timur, Bekasi. Dia mengaku tertarik dengan salah satu beras yang ditawarkan oleh pedagang langganannya, yakni beras merek Straramos yang berasal dari Karawang.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci Beras Dari Plastik, ciri fisik samsung galaxy v duos asli apa palsu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *