angel pieters
Kemenangan Angel Pieters digugat (doc/liputan6.com)

Pengakuan Mengejutkan Juri IMA Atas Kemenangan Angel Pieters

Kemenangan janggal Angel Pieters di ajang Indonesian Movie Awards atau IMA 2015 mulai sedikit terkuak dengan sejumlah fakta mengejutkan. Acara yang siarkan langsung di stasiun TV swasta RCTI itu menobatkan Angel sebagai pemenang nominasi Soundtrack Terfavorit lewat lagu berjudul, ‘Indonesia Negeri Kita Bersama’.

Lagu itu dibawakan apik oleh Angel untuk soundtrack film ‘Di Balik 98’ yang dibintangi Chelsea Islan. Dalam nominasi kategori tersebut, Angel berhadapan dengan sejumlah nama besar yang kenyang pengalaman di industri musik tanah air seperti Pongki Barata, Mahadewa, Anggun C. Sasmi, Saint Loco dan Glenn Fredly. Tanda-tanda kejanggalan mulai terlihat saat nama Angel masuk nominasi jelang 6 hari IMA 2015.

angel pieters
Kemenangan Angel Pieters digugat (doc/liputan6.com)

Saat ditanyai soal keanehan ini, Aditya Gumay tak mengetahui proses terpilihnya Angel Pieters. Meski ditunjuk sebagai salah satu dewan juri IMA 2015, Aditya mengatakan bahwa ia tak bisa menentukan juara di kategori Soundtrack Terfavorit. Dia mengaku tugas utamanya hanya menentukan kategori Aktor dan Aktris.

“Saya kurang tau soal itu. Nominasi Soundtrack Terfavorit yang masuk, saya kurang begitu tahu. Tugas saya sebagai juri hanya menentukan kategori aktor dan aktris, tidak lebih dari itu. Mungkin ada pihak lain yang menentukan nominasi Soundtrack Terfavorit,” konfirmasi Aditya Gumay kepada wartawan, Jumat (22/5).

Menurut Aditya, sejak penyelenggaraan Indonesian Movie Awards di periode sebelumnya, dewan juri tidak memiliki wewenang dalam menentukan kategori soundtrack terfavorit. “Kami tidak punya wewenang apapun untuk kategori itu. Tugas kami hanya aktor, aktris dan film terbaik. Sedangkan masyarakat bebas menentukan kategori film terfavorit,” terangnya.

Aditya Gumay memang sering diminta tampil sebagai juri IMA. Namun dia menegaskan bahwa ajang ini memiliki tim lain yang berperan menentukan pemenang kategori terfavorit. “Jadi, setiap tahun selalu seperti ini. Empat tahun saya terlibat sebagai dewan juri, kami tak pernah menentukan nominasi soundtrack karena sudah ada tim lain. Itu sudah berlangsung lama,” ucap Aditya Gumay menyikapi kemenangan kontroversial Angel Pieters.

Baca Juga  Angel Pieters Sesali Penghargaan Movie Awards (IMA) 2015

Saat diumumkan sebagai pemenang, Angel tampak kaget dan tak menyangka. Namun kemenangan tersebut dipertanyakan oleh para nominator yang mengaku kaget dengan masuknya nama mantan penyanyi cilik itu. Meski membawa pulang piala penghargaan tersebut, Angel Pieters pun jadi bahan ejekan sejumlah netizen tanah air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *