cara menghemat baterai apple watch
Apple Watch (doc/techradar.com)

4 Cara Efektif Menghemat Baterai Apple Watch

Kehadiran Apple Watch disambut meriah oleh penggemar gadget di seluruh pelosok dunia. Akan tetapi, perangkat smartwatch ini ternyata menyimpan sejumlah kelemahan terutama masalah daya tahan baterai.

Apple mengaku bahwa produk jam tangan pintar buatannya diklaim dapat menyala seharian penuh dalam pemakaian normal. Namun menurut pengakuan sejumlah pengguna, kapasitas baterai menurun lebih cepat dan tak bertahan seharian bila dipakai multitasking untuk sejumlah aplikasi.

cara menghemat baterai apple watch
Apple Watch (doc/techradar.com)

Lalu, bagaimana cara menghemat baterai Apple Watch? Ada aplikasi yang bisa mengurangi pemakaian daya baterai, termasuk pengaktifan mode Battery Safer. Akan tetapi, mode tersebut bagaikan pisau bermata dua karena bila diaktifkan sejumlah fitur pintar smartwatch untuk sementara waktu tidak akan berfungsi, sehingga jam tangan pintar ini tidak jauh berbeda dari jam tangan biasa.

Begini cara menghemat baterai Apple Watch tanpa harus aktifkan mode Battery Safer.

Hindari Wallpaper Animasi

Perangkat smartwatch ini memang dibekali dengan sejumlah wallpaper animasi bergerak yang memukau. Sayangnya, animasi bergerak tersebut tidak direkomendasikan karena lebih cepat menguras kapasitas baterai.

Kecerahan Layar Rendah

Cara bijak menghemat baterai Apple Watch yaitu mengurangi tingkat kecerahan layar. Ubah pengaturan cahaya layar ke posisi terendah, trik ini tak akan mengurangi kualitas layar. Tampilan gambar masih terlihat sangat baik meski pengguna mengaksesnya saat berada di bawah terik matahari menyilaukan.

Hentikan Motion

Perangkat ini menawarkan tampilan antarmuka interaktif, termasuk kemampuan bergerak atau motion. Namun alangkah baiknya jika kemampuan itu dinonaktifkan agar kapasitas baterai tidak cepat terkuras.

Aktifkan Grayscale

Silahkan aktifkan mode Grayscale yang dapat mengubah tampilan warna cerah di layar menjadi hitam putih. Meskipun tampilan layar tampak kurang cantik seperti biasanya, yang terpenting adalah semua fitur pintar bisa dipergunakan sepanjang waktu.

Baca Juga  Inilah Iklan Nokia Lumia Ledek Gadget Apple Vs Samsung

Cara menghemat baterai Apple Watch sebenarnya tak jauh berbeda dari perangkat smartphone. Mungkin bisa juga menerapkan sejumlah trik yang berasal dari artikel Tips Menghemat Baterai Smartphone.

Bila mode Battery Safer dan sejumlah trik di atas kurang begitu membantu, coba instal aplikasi tambahan yang menghemat pemakaian baterai. Saat ini beberapa developer tengah mengembangkan aplikasi penghemat baterai yang lebih ‘ramah’ untuk perangkat jam tangan pintar ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *