cara cepat dapat kerja setelah lulus kuliah
Menyusun resume (doc/brazencareerist.com)

7 Cara Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah

cara cepat dapat kerja setelah lulus kuliah
Menyusun resume (doc/brazencareerist.com)

Baru selesai menamatkan bangku kuliah? Sudah kirim lamaran kesana kemari tapi hasilnya nol? Jangan cepat beranggapan bahwa anda gagal, pemikiran itu justru menurunkan rasa percaya diri sehingga enggan mencari kerja. Silahkan coba 6 cara cepat dapat kerja setelah lulus kuliah seperti dikutip dari situs thestreet.com, Selasa (26/5).

Bakar Semangat

Jangan biarkan diri anda terjebak dalam frustasi tingkat tinggi karena bisa mempengaruhi mood. Coba cari tempat atau kegiatan yang pas untuk menyalurkan perasaan negatif di dalam benak.

Kejar Target

Cari tahu apa target anda ke depan, lalu suntik dengan semangat membara. Jangan mengambil pekerjaan secara terpaksa, carilah yang menyesuaikan minat dan ijazah. Coba susun beberapa target lebih dari satu, namun jangan terlalu banyak hingga mengurangi fokus.

Rencana Awal

Susun rencana sejak awal! Mungkin ini seringkali dilupakan oleh pelamar kerja, padahal sangat menentukan strategi dalam penempatan diri. Mulailah menyusun resume, latihan menjawab sesi wawancara kerja hingga mencari tahu seluk beluk dan sejarah perusahaan yang ingin dilamar.

Perkuat Kredibilitas

Maksudnya, anda perlu meningkatkan kemampuan diri sehingga tampil lebih menonjol daripada kandidat lain. Sampaikan segala sesuatu dengan kejujuran dan keyakinan tinggi. Hal ini diperlukan untuk melewati sesi wawancara. Tunjukkan kemampuan anda yang sewajarnya tanpa perlu melebih-lebihkan.

Pertolongan

Cara cepat dapat kerja setelah lulus kuliah yakni mencari pertolongan orang lain, tetapi lewat sesuatu yang positif alias bukan menyogok ataupun masuk lewat ‘pintu belakang’. Coba cari relasi sebanyak-banyaknya untuk ketersediaan lowongan kerja. Jangan malu untuk bertanya atau mengikut karir expo.

Informasi

Jaman semakin modern seharusnya membuat pencari kerja (job seeker) lebih mudah menemukan lowongan kerja. Cari informasi terbaru lewat internet atau mengikuti komunitas di media sosial. Inilah cara cepat dapat kerja setelah lulus kuliah yang sudah memberi bukti pasti.

Baca Juga  5 Tips Sederhana Agar Semangat Bekerja Di Hari Senin

Ubah Penampilan

Saatnya melepas segala macam atribut mahasiswa yang melekat di dalam diri. Mulailah terlihat seperti seorang profesional dengan mengenakan pakaian formal, ubah potongan rambut serapi mungkin. Jangan lupa mengubah cara berinteraksi dengan orang lain, termasuk saat bertatap muka. Inilah cara cepat dapat kerja setelah lulus kuliah yang memberi poin tertinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *