Penyakit Alzheimer (doc/healthworks.my)

5 Tindakan Sederhana Mencegah Penyakit Alzheimer

Teknoflas.com – Penyakit Alzheimer berkembang begitu cepat dan diperkirakan ada 44 juta orang di dunia yang sudah mengidapnya. Menurut hasil studi, angka tersebut akan berlipat ganda pada tahun 2050. Demi menekan Alzheimer, sejumlah penelitian pun dilakukan secara intensif.

Dilansir Teknoflas dari laman Daily Mail, penyakit Alzheimer ternyata bisa dideteksi lewat air liur. Ada sebuah zat di air liur yang bisa membedakan antara orang yang rentan terkena Alzheimer dan orang yang menua secara normal. Bila tak mau terkena penyakit ini, ada baiknya menjalankan pola hidup sehat yang sudah terbukti ampuh.

Penyakit Alzheimer (doc/healthworks.my)
Penyakit Alzheimer (doc/healthworks.my)

Berikut ini ada lima kegiatan yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit Alzheimer.

1. Berjalan kaki

Masih malas jalan kaki? Sebaiknya usir kemalasan dan mulai berjalan kaki secara rutin, paling tidak 45 menit per hari. Agar lebih menantang, coba berjalan cepat dengan durasi waktu tersebut. Kegiatan ini tak hanya baik membakar kalori dan timbunan lemak, namun meningkatkan aktivitas otak dan mempertahankan konsentrasi.

2. Cek tekanan darah

Waspada terhadap tekanan darah tinggi saat memasuki usia 40 dan 50-an. Kelompok usia tersebut rentan menderita penyakit Alzheimer dan demensia. Disarankan rajin mengecek tekanan darah dan menerapkan pola sehat, gabungan seimbang antara olahraga dan makanan bergizi.

3. Makan sayur wortel

Penurunan risiko Alzheimer dan demensia bisa dilakukan dengan pola makan sehat, salah satunya adalah konsumsi sayur wortel. Peneliti Swedia menemukan fakta bahwa konsumsi 500 gram buah dan sayuran per hari bisa memerangi pertumbuhan Alzheimer. Peningkatan fungsi kognitif bisa lewat makan wortel dan sayuran lainnya.

4. Berhenti multi-tasking

Banyak orang yang melakukan beragam aktivitas secara bersamaan atau multi-tasking. Meskipun lebih efisien, multi-tasking justru menghadirkan sejumlah resiko termasuk Alzheimer. Oleh karena itu, disarankan mengerjakan setiap tugas secara terpisah.

Baca Juga  6 Perilaku Mental Yang Membahayakan Kesehatan Fisik

5. Menantang otak

Terus melakukan kegiatan yang menantang otak dapat mengurangi resiko Alzheimer. Tak perlu hal-hal ribet, cukup membaca ataupun menulis. Bermain video game juga disarankan sebab dapat memperlambat penurunan otak yang erat kaitannya dengan Alzheimer.

Silahkan terapkan lima hal di atas setiap hari untuk semakin memperkecil peluang datangnya Alzheimer.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci penyakit alzheimer, resiko main game

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *