Aplikasi Smartphone Android

5 Aplikasi Android Wajib Dihapus Dari Smartphone Kesayangan

Teknoflas.com – Banyak aplikasi android yang meningkatkan fungsi smartphone untuk mempermudah si pengguna dalam kegiatan sehari-hari. Sayangnya, tak semua aplikasi yang terinstal selalu digunakan setiap hari, beberapa di antaranya hanya jadi pajangan saja.

Smartphone punya keterbatasan penyimpanan dan daya baterai, semua itu dipengaruhi oleh seberapa banyak aplikasi yang terinstal. Semakin banyak yang terinstal maka berdampak langsung pada performa smartphone.

Aplikasi Smartphone Android
Aplikasi Smartphone Android

Oleh karena itu, pengguna harus bisa memilih mana aplikasi yang sering dipakai untuk menunjang kegiatan sehari-hari dan aplikasi yang tak dibutuhkan lagi. Apabila performa smartphone mengalami penurunan drastis, sudah saatnya untuk ‘bersih-bersih’ menghapus sejumlah aplikasi di smartphone kesayangan.

Dilansir Teknoflas.com dari laman Android Pit, Senin (3/8/2015), berikut lima aplikasi wajib terhapus dari smartphone kesayangan.

1. Aplikasi browser bawaan

Smartphone android punya aplikasi browser bawaan namun jarang dipakai oleh pengguna yang lebih memilih Opera, Firefox, UC dan Google Chrome. Tak mengherankan, browser bawaan justru menguras kuota data internet cukup besar. Oleh karena itu, hapus saja browser bawaan android bila sudah menginstal salah satu di antara browser populer lainnya.

2. Aplikasi pembersih

Performa smartphone android bakal lebih lancar jika menginstal aplikasi pembersih seperti CC Cleaner, Speed Booster dan Clean Master. Ternyata, aplikasi ini justru menguras daya baterai dan pikir dua kali bila ingin menginstalnya. Untuk membersihkan ‘sampah-sampah yang mengendap’ di smartphone, akses ke menu Settings -> Apps -> Downloaded. Pilih aplikasi yang hendak dibersihkan dengan memilih opsi ‘Clean Cache’.

3. Aplikasi anti virus gratisan

Masih perlukah menginstal aplikasi anti virus gratisan? Perangkat android dikatakan rentan terhadap virus sehingga banyak pengguna menginstal aplikasi anti virus gratisan. Meski tanpa dipungut bayaran, aplikasi ini menguras daya baterai yang cukup besar. Sebenarnya tak perlu takut menghapus atau tak memakai aplikasi anti virus, asalkan menginstal aplikasi apa pun via toko aplikasi Google Play Store yang diklaim bebas serangan virus.

Baca Juga  Harga Baru Lenovo A6000 Plus Di Bulan September 2015

4. Widget atau aplikasi cuaca

Informasi perkiraan cuaca memang dibutuhkan semua orang, namun kehadiran aplikasi cuaca di smartphone justru hanya memakan daya baterai. Sebenarnya, tak perlu menginstal aplikasi ‘penting nggak penting’ ini. Jika ingin mengetahui perkiraan cuaca hari ini, manfaatkan saja fitur Google Now.

5. Facebook

Demi kenyamanan pengguna, Facebook meluncurkan aplikasi yang lebih mengoptimalkan fitur-fitur layaknya di halaman web versi klasik atau desktop. Akan tetapi, aplikasi ini justru memakan lebih banyak daya baterai dan wajib dihapus. Bila ingin mengakses Facebook, gunakan saja web browser mobile.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *