Smartphone Jatuh Ke Air

5 Cara Sederhana Mengatasi Smartphone Yang Jatuh Ke Air

Teknoflas.com – Kecanggihan teknologi terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah pabrikan turut merilis produk smartphone dengan fitur anti air. Bagi pemilik smartphone yang tak memiliki fitur tersebut pasti merasa khawatir bila perangkat kesayangan rusak akibat terjatuh ke dalam air.

Apa yang harus dilakukan pengguna jika smartphone kesayangan jatuh ke air? Harap jangan langsung panik, lakukan lima tindakan preventif atau pencegahan berikut ini demi melindungi smartphone dari kerusakan fatal.

Smartphone Jatuh Ke Air
Smartphone Jatuh Ke Air

1. Matikan

Apabila smartphone jatuh ke dalam air, segera ambil dan matikan. Tindakan ini mencegah terjadinya korsleting (hubungan arus pendek) dan air masuk lebih ke dalam.

2. Copot baterai smartphone

Usai mematikan smartphone, langkah selanjutnya yaitu melepas bagian penutup belakang dari smartphone dan melepas baterai. Tindakan ini hanya berlaku untuk smartphone atau perangkat yang mengusung baterai jenis Removable.

3. Copot SIM card & memori eksternal

Jangan lupa melepas kartu memori eksternal dan SIM card dari tempatnya supaya proses pengeringan berjalan lebih sempurna. Tindakan ini juga bertujuan supaya kartu memori eksternal dan SIM card tidak mengalami korosi serta memastikan keamanan data dari kerusakan. Tindakan ini bisa dilakukan pada perangkat yang mengusung baterai removable dan non removable.

4. Keringkan secepat mungkin

Segera keringkan smartphone kesayangan dengan pengering yang terbuat dari bahan penyerap air. Tindakan paling mudah yaitu mengeringkan dengan beras. Masukkan smartphone ke dalam semangkuk beras lalu biarkan selama beberapa jam. Jangan lupa membolak-balikkan ponsel agar penyerapan lebih efektif dan merata. Selain beras, alternatif lain untuk mengeringkan smartphone basah yaitu meletakkan di bawah sinar lampu terang selama satu malam penuh.

5. Nyalakan smartphone

Baca Juga  8 Hal Keren Yang Bisa Anda Lakukan Pada Smartphone Jadul

Usai smartphone benar-benar kering, segera pasang kembali kartu memori eksternal, SIM card dan baterai. Setelah itu coba nyalakan smartphone. Apabila bisa menyala kembali seperti sedia kala dan semua berjalan normal, maka tak ada kerusakan yang patut dikhawatirkan. Jika smartphone tak kunjung menyala walau coba mengulangi semua langkah di atas, segera bawa smartphone kesayangan ke Service Center terpercaya.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci Anti virus lenovo S880

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *