Kesalahan Mencuci Wajah (doc/fashionbeans.com)

7 Kesalahan Terbesar Mencuci Wajah Yang Berdampak Buruk

Teknoflas.com – Mencuci wajah merupakan salah satu tindakan dalam merawat kesehatan kulit yang punya banyak manfaat. Sayangnya, tak semua orang mengetahui cara mencuci wajah dengan benar.

Ada sejumlah teknik yang harus dipahami agar kulit wajah sehat dan bersih. Berikut ini tujuh kesalahan terbesar saat mencuci wajah yang justru menimbulkan efek buruk bagi kesehatan kulit.

Kesalahan Mencuci Wajah (doc/fashionbeans.com)
Kesalahan Mencuci Wajah (doc/fashionbeans.com)

1. Air panas atau air dingin

Jangan pernah mencuci wajah dengan air panas yang justru membuka pori-pori kulit wajah sehingga minyak dan kotoran bisa masuk ke dalam. Hal tersebut meningkatkan resiko jerawat di kulit wajah. Disarankan memakai air bersuhu normal saat mencuci wajah sehari-hari.

2. Gosok terlalu keras

Banyak orang yang menggosok wajah terlalu keras saat mencuci wajah. Hal tersebut berdampak buruk karena menyebabkan penipisan kulit. Sejumlah orang juga menggunakan sabun scrubbing untuk melakukan scrub kulit wajah. Scrubbing memakai sabun scrub hanya boleh 2 kali dalam seminggu untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati.

3. Tak hapus riasan

Sebelum mencuci wajah, sebaiknya hapus makeup atau riasan terlebih dahulu agar tidak masuk ke pori-pori kulit. Bersihkan riasan memakan produk tertentu atau kapas basah, pastikan tak ada yang tersisa sebelum mencuci wajah.

4.Tak cuci tangan

Mungkin terdengar sepele, namun menyimpan manfaat luar biasa. Tak cuci tangan sebelum mencuci wajah membuat kuman bisa berpindah dan menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, selalu cuci tangan agar kuman mati saat membasuh wajah.

5. Cuci berkali-kali

Banyak orang mencuci wajah secara berlebihan yang justru merusak kulit dan mengakibatkan penuaan dini. Mencuci berkali-kali membuat wajah kering dan rentan infeksi. Meskipun kulit wajah berminyak, jangan sering mencuci wajah. Disarankan 2-3 kali saja dalam sehari.

Baca Juga  Cara Merawat Kulit Wajah dan Tubuh yang Kering

6. Kering sendiri

Banyak orang yang tidak mengeringkan wajah usai mencuci muka. Jangan biarkan wajah basa mengering dengan sendirinya, hal itu membahayakan kulit dan mengakibatkan penuaan dini. Usai mencuci, keringkan wajah dengan handuk lembut dengan menepuk pelan-pelan.

7. Pakai sabun mandi

Jangan pakai sabun mandi untuk membersihkan kulit wajah, ada baiknya memakai sabun muka khusus. Sabun mandi mengandung bahan kimia yang merusak kulit wajah dan menyebabkan keriput. Dianjurkan memilih sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci Bersihkan wajah dengan kapas tidak benar, cara membersih kan muka pakek apa, Cara membersihkan muka dengan benar, cara mencuci wajah yg benar menggunakan sabun wajah, manfaat dan bahan kimia yang terdapat di sabun mandi, perawatan kulit tangan keriput, sabun cuci muka untuk kulit berminyak, sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *