Menghilangkan Aplikasi Bawaan (doc/meetdoctor.com)

2 Cara Menghilangkan Aplikasi Bawaan Di Perangkat Android

Teknoflas.com – Istilah bloatware mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian pengguna perangkat android. Sebenarnya, bloatware merupakan aplikasi yang sudah terpasang di perangkat android secara preinstall. Smartphone yang baru dibeli atau dibuka dari kemasan biasanya sudah disuntik sejumlah aplikasi pendukung yang memudahkan si pengguna saat memakainya pertama kali.

Ada beragam aplikasi bloatware yang terpasang di sebuah perangkat android dan semua tergantung kebijakan pihak pabrikan yang memproduksi. Aplikasi tersebut berupa antivirus, cuaca, cloud storage, permainan hingga beragam jenis aplikasi lainnya.

Menghilangkan Aplikasi Bawaan (doc/meetdoctor.com)
Menghilangkan Aplikasi Bawaan (doc/meetdoctor.com)

Sayang sekali, masih ada beberapa pengguna perangkat android yang terganggu dengan kehadiran aplikasi bloatware, apalagi jika tak dapat dihilangkan atau di-uninstall. Untuk mengatasinya, biasanya para pemilik perangkat harus melakukan proses rooting. Akan tetapi, tindakan ini akan menghilangkan semua aplikasi bloatware tanpa terkecuali termasuk yang paling dibutuhkan.

Dilansir Teknoflas.com dari laman Android Autorithy, sebenarnya ada cara gampang untuk melenyapkan aplikasi bloatware tanpa melewati proses rooting. Bagaimana caranya?

1. Sembunyikan aplikasi

Cara sederhana ini akan melenyapkan aplikasi secara harfiah, tetapi tak membuatnya benar-benar ter-uninstall dari perangkat android. Cara ini biasanya dipakai untuk menyembunyikan aplikasi mengganggu dari home screen.

Pada umumnya, sejumlah pabrikan sudah menyediakan pilihan ini yang terdapat di menu app drawer. Coba akses bagian tersebut, nanti ada opsi “Hide/Show apps”. Pilih saja aplikasi mengganggu, nantinya akan hilang dari pandangan dalam sekejap.

Teknik ini hanya menyembunyikan aplikasi bloatware, bukan menghilangkan. Artinya aplikasi tersebut akan terus berjalan di background dan menyedot memori.

2. Nonaktifkan aplikasi

Cara ini tergolong ampuh karena membuat aplikasi bloatware tak akan lagi berjalan di background, bahkan ikon tak lagi muncul di home screen atau app drawer. Meskipun demikian, aplikasi yang di-nonaktifkan fungsinya tak akan lenyap seutuhnya dari perangkat android. Setidaknya, aplikasi tersebut tak akan mengganggu app drawer, menghabiskan memori atau daya baterai.

Baca Juga  Apple Bayar 77 Triliun Untuk Para Developer Aplikasi

Bagaimana caranya? Akses Settings -> Apps atau Application Manager -> lalu cari aplikasi yang akan di-nonaktifkan. Setelah memilih aplikasi, nanti muncul pilihan ‘Disable’. Sebelum dimatikan seutuhnya, muncul pesan peringatan resiko mematikan aplikasi tersebut. Bila tak merasa khawatir, pilih saja ‘Yes’ maka aplikasi tak akan aktif lagi.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci cara hapus menu bawaan di android, Cara menghapus aplikasi bawaan android, cara menghapus aplikasi internal android, cara menyembunyikan aplikasi, cara sembunyikan aplikasi android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *