Tips Menghindari Trojan

6 Tips Mencegah Virus Trojan Masuk Ke Smartphone Kesayangan

Teknoflas.com – Pengguna smartphone android harus cermat menjaga keamanan perangkat kesayangan. Sekarang ini ada beragam program virus Trojan yang menyerang software atau aplikasi lalu memata-matai tingkah laku si pengguna. Keberadaan virus tersebut akan memantau kegiatan si pengguna alias disadap.

Dilansir Teknoflas dari laman Okezone, ada sejumlah cara cermat untuk mencegah masuknya program virus Trojan ke dalam perangkat smartphone.

Tips Menghindari Trojan
Tips Menghindari Trojan

1. Jangan letakkan smartphone sembarangan

Disarankan tidak menaruh smartphone di sembarang tempat. Bisa saja ada oknum tak bertanggung jawab yang berniat menyadap, dia akan mengutak-atik ponsel dan menyuntikkan program virus Trojan secara diam-diam untuk menyadap segala aktivitas sewaktu memakai smartphone, mulai dari isi sms hingga panggilan telepon.

2. Hindari wifi gratis

Jangan asal terhubung dengan koneksi internet, terutama yang menawarkan wifi gratis. Biasanya wifi publik mudah ditembus celah keamanannya oleh oknum tak bertanggung jawab, lalu memasukkan Trojan ke smartphone secara leluasa. Mulai sekarang, mohon lebih selektif memilih koneksi wifi gratis. Mana yang aman dan berbahaya.

3. Jangan asal nitip smartphone

Jangan pernah menitipkan smartphone kepada siapapun, meskipun orang kepercayaan. Ingat, smartphone merupakan bagian dari diri sendiri yang menyimpan semua rahasia pribadi. Jika tak mau smartphone kesayangan diutak-atik oleh tangan-tangan jahil, pertimbangkan untuk memasang kode pengaman.

4. Waspadai email phising

Serangan program virus Trojan bisa lewat mana saja, termasuk email phising. Jangan mudah tertipu dengan email spam yang mengusung identitas seseorang yang anda kenali, meskipun email tersebut mirip seperti aslinya. Biasanya, email sudah dimasukkan dengan program Trojan untuk memata-matai. Jika ada email mencurigakan masuk ke inbox, sebaiknya tidak dibuka.

5. Waspadai aplikasi

Jangan mudah menginstal aplikasi android di luar Google Play Store. Ada kemungkinan aplikasi tersebut telah disuntik program virus Trojan. Berhati-hati pula saat muncul iklan di aplikasi, bisa saja mengunduh virus secara otomatis ke smartphone.

Baca Juga  7 Tips Memaksimalkan Aplikasi Facebook for Android

6. Selektif memilih aplikasi

Belum tentu semua aplikasi di Play Store bisa dipercaya, adapula yang lolos dari pengawasan dan mengandung malware. Pilih aplikasi berdasarkan ulasan dan rating dari pengguna lainnya.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci kenapa google play store tidak bisa dibuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *