Cara mengamankan akun Facebook (doc/telegraph.co.uk)

3 Cara Sederhana Mengamankan Akun Facebook Dari Tangan Jahil

Teknoflas.com – Dunia maya rentan terhadap pencurian ID untuk situs jejaring sosial. Guna menjamin kenyamanan para pengguna setia, Facebook mengusung keamanan online canggih untuk menekan angka pencurian akun.

Seperti diketahui, Facebook punya ‘Security Checkup’ yang merupakan sebuah fitur keamanan sederhana namun canggih untuk menjaga keamanan akun para pengguna. Berikut ini sejumlah cara yang bisa diterapkan para pengguna untuk menjaga keamanan akun Facebook dari ulah tangan-tangan jahil tak bertanggung jawab.

Cara mengamankan akun Facebook (doc/telegraph.co.uk)
Cara mengamankan akun Facebook (doc/telegraph.co.uk)

1. Log out

Pada banyak kasus, situs jejaring sosial dibajak karena bisa diakses dari beragam jenis perangkat, mulai dari desktop, tablet hingga smartphone. Oleh karena itu, pastikan selalu ‘keluar’ atau ‘log out’ usai mengakses Facebook. Sebaiknya hanya ‘masuk’ atau ‘log in’ ke perangkat yang biasa digunakan, jangan punya teman, saudara dan orang lain.

2. Login alerts

Facebook menyediakan fitur ‘login alerts’ yang dapat diaktifkan pengguna untuk selalu memperoleh update apabila ada orang lain yang ingin ‘login’ memakai akun anda. Nantikan pengguna akan memperoleh notifikasi jika akun diakses melalui perangkat atau browser yang tak dikenal.

Bagaimana mengaktifkan login alerts? Mudah sekali, silahkan akses ‘Security Settings’, klik ‘Login Alerts’, pilih opsi menerima notifikasi dan klik ‘Save Changes’. Mudah sekali, kan?

3. Password kuat

Langkah terakhir yang sangat ampuh yaitu mengubah password alias kata kunci dengan yang lebih kuat. Jaga privasi dengan tidak mengatakan atau memberitahu password situs jejaring sosial ke orang lain. Buat password yang berbeda-beda untuk setiap situs. Password kuat dan unik bantu menghindari orang-orang tak bertanggung jawab yang ingin menebak kata kunci.

Facebook tak hanya sekedar situs jejaring sosial biasa, ada banyak manfaat yang dirasakan oleh si pengguna. Meskipun demikian, keamanan perlu dijaga sebaik mungkin guna menghindari pengalaman kurang menyenangkan.

Baca Juga  7 Tips Memaksimalkan Aplikasi Facebook for Android

“Dengan mengikuti sejumlah cara di atas, maka keamanan akun bakal lebih terjamin dan disertai penggunaan yang bertanggung jawab. Jaga komunikasi dengan orang di sekitar dan dunia maya,” ketik Facebook pada keterangan resminya, Rabu, 26 Agustus 2015.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci buat akun facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *