Memanfaatkan Buah-Buahan Sebagai Alat Musik, Bagaimana Caranya?

3

Teknoflas.com Kreasi baru yang baru-baru ini diluncurkan oleh para ahli teknologi semakin membuat menarik dan aneh-aneh saja. Kinikreasi aneh itu muncul dari ide buah-buahan yang dapat dijadikan sebagai alat musik. Mungkin sulit dipercaya, namun nyatanya hal ini benar keberadaannya.

Dengan dibekali oleh komputer board kecil, Raspberry Pi dan ditambahi pula dengan aksesoris tambahan maka buah-buahan yang dapat dijadikan alat musik itu bisa diwujudkan. Bagaimana caranya? Tentunya dengan menggunakan aksesoris tambahan Capacitive Touch HAT dari Adafruit.

Bagi yang belum tahu, Raspberry Pi merupakan sebuah perangkat komputer kecil, yang ukurannya kurang lebih seperti kartu kredit. Raspberry Pi ini banyak sekali fungsinya, salah satunya seperti yang telah kita bahas tadi, dapat menyulap buah-buahan menjadi alat musik.

Cara kerja alat musik buah-buahan ini menggunakan aksesoris Capacitive Touch HAT, yaitu sebuah board yang dilengkapi dengan sensor sentuh. Sehingga jika sensor tersebut disentuh, maka akan menimbulkan reaksi tertentu. Capacitive Touch HAT ini sudah diprogram untuk menghasilkan suara-suara berformat MIDI dengan menggunakan pemrograman Python.

Dengan memanfaatkan Aligator clip, atau capit buaya yang kemudian dihubungkan pada buah-buahan yang akan dijadikan alat musik itu, maka buah-buah ini akan mengeluarkan bunyi-bunyi layaknya piano.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci alat musik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *