Kereta Bawah Tanah London

Ingin Naik Kereta Bawah Tanah Di London? Baca 5 Tips Ini!

Teknoflas.com – Bepergian ke berbagai tempat wisata di Kota London semakin mudah berkat kehadiran kereta bawah tanah. Bagi yang ingin berlibur ke ibukota Inggris ini, ada baiknya membaca lima tips naik kereta bawah tanah agar perjalanan menjadi lebih nyaman.

Tube atau kereta bawah tanah London merupakan alat transportasi populer di kalangan turis. Selain cukup murah, aksesnya sangat luas karena menjangkau hampir semua daerah di London, mulai dari pinggiran hingga pusat kota.

Kereta Bawah Tanah London
Kereta Bawah Tanah London

1. Kartu Oyster

Segera beli kartu Oyster setiba menginjakkan kaki di London. Kartu itu bisa dipakai untuk pembayaran bus tingkat dan tiket kereta bawah tanah. Kartu Oyster menawarkan tarif yang jauh lebih murah daripada membeli tiket biasa.

Kartu Oyster mengusung sistem deposit, jadi harus membayarkan sejumlah uang terlebih dahulu. Nanti jumlah uang deposit akan berkurang secara otomatis setiap menempelkan kartu untuk naik kereta. (Baca: Mau Liburan Murah Di London? Simak 4 Tips Berikut!)

2. Pelajari jalur kereta

Pahami dulu jalur yang akan diambil sebelum naik kereta agar tiba ke tempat tujuan tanpa tersesat. Pemerintah kota London menyediakan peta jalur kereta bawah tanah yang dapat diunduh dan disimpan di smartphone. Bisa juga mengambil selebaran peta yang ada di bandara atau sejumlah stasiun.

Setiap stasiun kereta juga memasang papan pemberitahuan seputar tujuan kereta dan jalur yang harus diambil. Jangan ragu bertanya ke petugas kalau bingung, mereka dengan senang hati siap membantu.

3. Perhatikan garis batas

Selagi menunggu kereta datang, mohon jangan berdiri melewati batas aman antara calon penumpang dan jalur kereta. Biasanya ada garis batas warna kuning yang bertuliskan ‘mind the gap’. Ingat, selalu perhatikan garis batas demi keamanan.

Baca Juga  5 Tips Pergi Liburan Sendirian Tanpa Rasa Takut

4. Jaga barang bawaan

Selama menempuh perjalanan di dalam kereta, jaga barang bawaan dari tangan-tangan tak bertanggung jawab. Di kota besar dan ramai penduduk seperti London, bukan berarti tak ada pencopet yang mengintai. Usahakan tak memakai perhiasaan berlebihan saat naik kereta.

5. Pahami aturan eskalator

Ada aturan tersendiri saat menaiki eskalator yang ada di stasiun kereta London. Berdiri di sebelah kanan jika tak terburu-buru dan ingin santai. Jalur kiri hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang sedang terburu-buru. Aturan ini harus ditaati agar tidak dipandang aneh oleh orang-orang di sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *