8 Hal Keren Yang Bisa Anda Lakukan Pada Smartphone Jadul

Teknoflas.com – Sebelum memutuskan untuk ganti smartphone baru, biasanya ponsel lama dijual demi memperoleh tambahan dana. Apa jadinya jika sampai tak laku? Apakah disimpan atau dibuang?

image
8 fungsi keren smartphone jadul

Smartphone menawarkan beragam keunggulan, selama masih berfungsi dengan baik maka bisa diubah atau alih fungsi. Berikut delapan hal keren yang bisa anda lakukan pada smartphone jadul agar tidak terbuang percuma.

1. Penyimpan data

Selama ini ponsel pintar digunakan untuk menyimpan data pribadi seperti foto, musik dan sebagainya. Fungsi tersebut bisa terus dipertahankan, apalagi data yang tersimpan bisa langsung di akses tanpa perlu buka PC atau laptop.

2. Pemindai berkas

Banyak orang yang memakai kamera ponsel untuk memindai berkas-berkas penting. Daripada smartphone lama tidak terpakai, lebih baik dialihfungsikan sebagai alat pemindai berkas untuk pengiriman via email.

3. MP3 & Video player

Ubah smartphone jadul sebagai ‘one stop entertainment device’ untuk memutar lagu dan video favorit. Dengan demikian, ponsel baru anda tetap bisa dipakai komunikasi dan baterai pun tak terkuras.

4. Alarm rumah

Smartphone jadul bisa diubah fungsinya sebagai alarm rumah anti kecurian. Cukup mengunduh aplikasi terkait, maka ponsel pun dapat mendeteksi pencuri yang hendak membobol rumah.

5. Event Data Recorder atau EDR

Daripada harus membeli alat EDR yang menguras kantong, lebih baik menggunakan smartphone jadul dan memasangnya di kendaraan. Namun fungsi ini tentunya lebih menguras baterai dan memori penyimpanan, oleh karena itu aktifkan untuk perjalanan jarak singkat atau menengah.

6. GPS

Apabila smartphone jadul dilengkapi dengan fitur GPS, maka bisa dipasang pada kendaraan untuk memandu perjalanan darat selama berkendara. Aktifkan saja fitur ini selama keadaan penting agar baterai tidak cepat terkuras.

Baca Juga  7 Fitur Wajib Diusung LG G5 Demi Kepuasan Calon Pembeli

7. Hotspot

Smartphone pada umumnya menawarkan fungsi hotspot atau tethering. Daripada harus membeli modem wifi atau mifi, ubah saja ponsel jadul sebagaimana fungsi ini dengan penambahan kartu internet favorit.

8. Kamera digital

Apabila smartphone jadul dibekali resolusi kamera tinggi dan sejumlah fitur fotografi lengkap, maka bisa dimanfaatkan sebagai kamera digital untuk keperluan memotret atau merekam gambar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *