Cara Membuat Video Tutorial di HP dengan Aplikasi Android

Cara Membuat Video Tutorial di HP dengan Aplikasi Android

TEKNOFLAS.COM – Berbekal aplikasi android, kamu bisa membuat berbagai jenis video yang keren dan menarik. Apalagi jika ingin membuat video tutorial tentunya bisa banget membuatnya menggunakan aplikasi berbasis android. Bagaimana cara membuat tutorial video? Membuat video tutorial menggunakan hp sekarang sudah sangat mudah, banyak sekali aplikasi android yang bisa anda gunakan dan manfaatkan.

Nah pada artikel kali ini saya akan menjelaskan bagaimana proses pembuatan video tutorial menggunakan hp. Mohon dengarkan baik-baik.

Cara Membuat Video Tutorial di HP

Ada beberapa aplikasi yang harus Anda persiapkan. Aplikasi wajibnya adalah perekam layar untuk smartphone Android yang bisa kamu unduh secara gratis di Play Store. Berbeda dengan iPhone yang sudah menyediakan screen recording berupa video, di sini karena hp Anda Android Anda harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu.

Aplikasi ini berukuran kecil, tidak memakan terlalu banyak space, jadi bukan masalah besar bagi Anda untuk meluangkan waktu sebentar untuk mendownloadnya di PlayStore. Aplikasi jenis perekam layar sangat banyak, tetapi sebagai saran Anda dapat mengunduh ‘Perekam Layar’. Untuk lebih jelasnya anda bisa mengikuti cara-cara berikut ini:

1. Mulailah dengan Merekam Video

Aktifkan dulu aplikasi Screen Recorder’. Caranya sama seperti saat akan merekam video di kamera ponsel. Hanya di sini Anda melakukannya di aplikasi Screen Recorder. Anda buka aplikasinya, lalu anda klik menu gambar kamera. Setelah itu lakukan perekaman video.

2. Mulai Tutorial Anda

Langkah selanjutnya, gerakkan saja layar Anda sesuai dengan tutorial yang ingin Anda sampaikan kepada audiens. Saat Anda mulai melakukan ‘tutorial’, Anda dapat memilih untuk berbicara, atau hanya diam. Intinya adalah, sambil menunjukkan, saat Anda menjelaskan. Namun di beberapa jenis video tutorial, ada yang memilih diam. Dan menyematkan sesuatu seperti ‘Klik ini ya Gaes’ untuk menjelaskan apa yang harus dilakukan penonton saat itu. Tetapi akan lebih baik jika Anda memiliki suara, dan akan lebih baik jika Anda memasukkan suara Anda setelah rekaman selesai. Apa tujuannya? Yakni menghindari kegugupan, menghindari suara tiba-tiba, atau menghindari kehilangan kalimat secara tiba-tiba.

Baca Juga  Tips Sukses Membuat Video Online ala CEO Layaria

3. Mulailah dengan mengedit

Setelah perekaman layar selesai, sekarang saatnya memasuki proses pengeditan. Di sini Anda membutuhkan bantuan aplikasi. Jika ingin total dengan mengeditnya di smartphone juga, kamu bisa mendownload aplikasi edit video seperti Power Director, KineMaster, Viva Video dan lain sebagainya. Namun lebih baik kamu menggunakan Power Director karena cocok untuk kamu yang masih pemula hingga yang sudah pro. Saat mengedit, apa yang harus dilakukan?

  • Potong bagian yang tidak perlu atau salah
  • Masukkan hasil edit lain seperti teks, suara, dan penjelasan pendukung lainnya
  • Anda bisa memasukkan musik jika ingin menghilangkan kebosanan karena tutorialnya terlalu biasa
  • Dan menentukan durasi video yang sesuai agar penonton tidak menunggu lama

4. Simpan video Anda dan unggah

Selamat kalian sudah berhasil membuat video tutorial yang bagus dan benar. Mudah dan cepat, bukan? Sekarang anda tinggal mengupload video tersebut ke berbagai media yang anda inginkan, seperti menguploadnya ke Youtube, Facebook atau lainnya. Begitulah cara mudah membuat video tutorial di ponsel. Untuk anda yang ingin memilih video tutorial dengan suara agar suaranya lebih jernih bisa anda atur juga dengan bantuan aplikasi bernama WavePad.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *